Keluarga

Begini Kondisi Sinar UV Berbahaya Pada Sabtu (17/2)

Begini Kondisi Sinar UV Berbahaya Pada Sabtu (17/2)

MOMSMONEY.ID - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) prediksi akan ada paparan sinar UV berbahaya hari ini, Sabtu, 17 Februari 2024. 

Sinar UV berbahaya yang melanda Indonesia dimulai dari level sedang hingga sangat esktrem. Bila melihat polanya, sinar UV berada di level bahaya sangat tinggi hingga ektrem mulai pukul 10.00. Kemudian akan mereda dan aman setelah pukul 16.00.

Baca Juga: Ini 4 Tips Memilih Asuransi Untuk Moms

Bagi orang yang terpapar sinar UV level ekstrem tanpa pelindung diperlukan semua tindakan pencegahan karena kulit dan mata dapat rusak dan terbakar dalam hitungan menit. 

Sinar UV berbahaya sangat tinggi akan dirasakan pertama kali di wilayah Papua mulai pukul 10.00 WIT. Kemudian level bahaya sinar UV bakal meningkat di Papua menjadi ekstrem menuju pukul 11.00 WIT hingga 13.00 WIT. Setelah itu bahaya sinar UV berangsur turun ke level tinggi, sedang dan aman pada pukul 16.00 WIT.

Bagi Moms yang tinggal di Maluku dan Maluku Utara, sinar UV berbahaya dirasakan sangat tinggi mulai pukul 11.00 WIT hingga 14.00 WIT. Kemudian pukul 15.00 WIT level bahaya sinar UV turun menjadi tinggi dan aman pada pukul 17.00 WIT. 

Untuk wilayah Indonesia Tengah, Sulawesi, Bali dan Nusa Tenggara alami indeks sinar UV berbahaya sangat tinggi hingga ekstrem mulai pukul 10.00 WITA. Adapun indeks bahaya sinar UV mereda mulai pukul 15.00 WITA. Namun kondisi baru benar-benar aman pada pukul 16.00 WITA. 

Baca Juga: Tampil Awal Maret, Konser Ed Sheeran Pindah Lokasi

Kalimantan dan Jawa terpapar sinar UV berbahaya sangat tinggi  mulai pukul 10.00 WIB. Kondisi sinar UV di Kalimantan kemudian meningkat jadi ekstrem pada pukul 11.00 WIB kecuali di Kalimantan Tengah yang berada pada level bahaya sedang.

Di Jawa tak alami sinar UV berbahaya sangat tinggi hingga ekstrem. Kondisi sinar UV berbahaya di Jawa hanya sampai level sedang. Kemudian kondisi menjadi aman paa pukul 15.00 WIB.

Di Sumatera sinar UV berbahaya sangat tinggi mulai dirasakan pada pukul 11.00 WIB kecuali di wilayah Sumatera tengah dan selatan yang pada level sedang. Kemudian kondisi di Sumatera baru aman pada pukul 16.00 WIB. 

Baca Juga: Berapa Takaran Nasi untuk Diet yang Ideal? Cek di Sini, Yuk!

Jika Anda harus beraktivitas di luar rumah sejak siang maka gunakan perlindungan yang diperlukan. Saat Anda terpapar sinar UV yang menunjukan risiko berbahaya sangat tinggi, Anda berisiko menalami kerusakan kulit dan mata serta dapat terbakar dengan cepat. 

Kenakan pelindung seperti topi lebar dan kacamata hitam anti sinar UV saat berada di luar ruangan. Serta oleskan cairan pelembab tabir surya SPF 30+ setiap 2 jam setelah berenang atau berkeringat. Hindari juga permukaan pasir, air dan salju karena akan meningkatkan paparan UV. 

Selanjutnya: Kronologi Tragedi Semanggi 1 13 November 1998 dan Upaya Penyelesaian

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News