Santai

Begini Sebaran Sinar UV Berbahaya di Indonesia Hari Ini

Begini Sebaran Sinar UV Berbahaya di Indonesia Hari Ini

MOMSMONEY.ID - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi, akan ada paparan sinar UV berbahaya hari ini, Kamis, 4 Januari 2024 walau telah memasuki musim hujan.

Prediksi ini sejalan dengan terik yang dirasakan di siang hari saat tak turun hujan dan suhu yang tetap panas meski sudah musim hujan.

Sinar UV berbahaya akan dirasakan pertama kali di wilayah Papua. Mulai pukul 09.00 WIT, sinar UV berbahaya capai level sedang hingga tinggi.

Kemudian, level bahaya sinar UV bakal meningkat di Papua menjadi  sangat tinggi sejak pukul 10.00 WIT.

Ini jadwal puncak paparan sinar UV berbahaya dengan level risiko sangat tinggi hingga sangat ekstrem di Indonesia pada Kamis, 4 Januari 2023:

Baca Juga: Ini Kelompok Masyarakat yang Masih Dapat Vaksin Covid-19 Gratis

Papua dan Maluku

Papua akan alami indeks sinar UV berbahaya mulai pukul 09.00 WIT. Pada pukul 10.00 WIT indeks sinar UV menunjukan level berbahaya sangat tinggi.

Kemudian, pada pukul 11.00 WIT, indeks sinar UV mencapai bahaya ekstrem. Lalu, sejak pukul 12.00 WIT hingga 14.00 WIT, bahaya sinar UV pada level sedang. 

Adapun di Maluku, bahaya sinar UV level sedang dirasakan mulai pukul 09.00 WIT. Lantas meningkat pada pukul 10.00 WIT, sinar UV mencapai level bahaya tinggi.

Selanjutnya, bahaya mencapai level sangat tinggi hingga ekstrem sejak pukul 11.00 WIT hingga 14.0 WIT. 

Setelah itu, level bahaya sinar UV akan berangsur mereda. Kemudian kedua wilayah ini aman dari sinar UV berbahaya mulau pukul 16.00 WIT. 

Sulawesi, Bali, dan Nusa Tenggara

Untuk wilayah Indonesia Tengah, Sulawesi, Bali, dan Nusa Tenggara alami indeks sinar UV berbahaya sedang mulai pukul 09.00 WITA.

Indeks sinar UV berbahaya capai level sangat tinggi hingga ekstrem mulai pukul 10.00 WITA hingga 13.00 WITA. 

Indeks bahaya sinar UV kemudian berangsur pulih. Kondisi mulai aman pada pukul 16.00 WITA. 

Kalimantan dan Jawa

Kalimantan Utara dan Timur serta Jawa Timur alami indeks sinar UV berbahaya sedang mulai pukul 08.00 WIB.

Lalu, merata ke seluruh wilayah Jawa dan Kalimantan dengan tingkat bahaya sedang hingga sangat tinggi mulai pukul 09.00 WIB hingga pukul 13.00 WIB. 

Kedua wilayah ini mulai aman  pada pukul 15.00 WIB. Setelah waktu ini, Anda aman untuk beraktivitas di luar rumah. 

Baca Juga: 4 Minuman yang Ampuh Menurunkan Kolesterol Jahat, Mudah Dicari

Sumatra

Sumatra mulai alami indeks sinar UV berbahaya pada pukul 09.00 WIB. Kemudian. intesitas bahaya naik pada pukul 10.00 WIB.

Sumatra alami sinar UV bahaya tinggi hingga sangat tinggi mulai pukul 10.00 WIB hingga 14.00 WIB. Kondisi aman mulai pukul 16.00 WIB.

Jika Anda harus beraktivitas di luar rumah sejak siang, maka gunakan perlindungan yang diperlukan. Saat terpapar sinar UV yang menunjukan risiko berbahaya sangat tinggi, Anda berisiko menalami kerusakan kulit dan mata serta dapat terbakar dengan cepat. 

Nah, bagi orang yang terpapar sinar UV level ekstrem tanpa pelindung, butuh semua tindakan pencegahan karena kulit dan mata dapat rusak dan terbakar dalam hitungan menit. 

Sehingga, sebaiknya hindari paparan Matahari antara pukul 10 pagi hingga 5 sore. Anda juga disarankan tetap berada di tempat teduh pada saat Matahari terik siang hari. 

Kenakan pelindung seperti topi lebar dan kacamata hitam anti sinar UV saat berada di luar ruangan. Serta oleskan cairan pelembab tabir surya SPF 30+ setiap 2 jam setelah berenang atau berkeringat.

Hindari juga permukaan pasir dan air karena akan meningkatkan paparan UV. 

Selanjutnya: Jokowi Beberkan Alasan Mengapa Tak Semua Masyarakat dapat BLT El Nino

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News