AturUang

Ini 4 Tips Memilih Asuransi Untuk Moms

Ini 4 Tips Memilih Asuransi Untuk Moms

MOMSMONEY.ID – Tak kenal maka tak sayang, status ibu-ibu bukan berarti Anda tidak kenal produk keuangan di Indonesia. Di era melek finansial ini, para moms juga harus paham soal literasi keuangan termasuk soal asuransi yang memberikan proteksi dini.

Salah satunya, produk asuransi dari Allianz Life Indonesia yang mendapat kepercayaan dari para moms untuk memberikan perlindungan keluarga. Saat ini, banyak para moms memiliki asuransi untuk proteksi diri dan keluarga.

Misalnya, memiliki polis asuransi jiwa. Nah, Allianz mencatat sebanyak 50% dari para moms memilih produk asuransi jiwa untuk benefit kesehatan dalam perawatan medis, dan 20% lainnya untuk tambahan benefit penyakit kritis.

Agar tidak ketinggalan jaman, Country Chief Agency Officer Allianz Life Indonesia Ginawati Djuandi membagikan tips memilih asuransi yang tepat untuk para Ibu. Yuk simak di bawah ini :

Baca Juga: Jam Makan yang Baik untuk Diet, Pejuang Diet Wajib Tahu

  1. Tentukan Kebutuhan Moms

Sudah tidak asing bahwa para Ibu memegang peranan sebagai menteri keuangan dalam sebuah rumah tangga. Sudah tentu, Ibu sangat tahu apa yang dibutuhkan oleh keluarga intinya. Untuk itu, disarankan agar para Moms bisa menentukan terlebih dahulu apa yang menjadi kebutuhan bagi keluarga tercintanya.

Umumnya, Asuransi menawarkan dua produk utama, yaitu Asuransi Jiwa dan Asuransi Jiwa yang dikaitkan dengan benefit lainnya seperti Kesehatan dan Penyakit Kritis. Asuransi Jiwa fokus untuk memberikan dukungan finansial kepada keluarga yang ditinggalkan jika tertanggung meninggal dunia, sedangkan Asuransi Kesehatan akan membantu menanggung biaya perawatan medis.

  1. Atur Manfaat dan Kemampuan Finansial

Memiliki asuransi merupakan komitmen jangka panjang yang sangat bermanfaat untuk melindungi risiko finansial yang mungkin terjadi. Oleh karena itu, mengatur manfaat yang ingin didapatkan dan mengatur kemampuan finansial menjadi hal krusial sebelum memutuskan memilih asuransi.

Contohnya, premi asuransi kesehatan dengan pilihan kelas kamar rumah sakit yang lebih tinggi akan lebih mahal, jika dibandingkan dengan kelas kamar rumah sakit yang lebih rendah. Ada pula pilihan produk asuransi yang menawarkan potongan harga jika membelinya untuk satu keluarga.

Baca Juga: 5 Manfaat Makan Makanan Pedas, Bisa Mengontrol Nafsu Makan

  1. Cek Kredibilitas Perusahaan Asuransi

Sebelum membeli, para Ibu sebaiknya juga menilai reputasi perusahaan asuransi yang diinginkan. Ginawati menganjurkan untuk mengecek beberapa hal termasuk kekuatan dan jaringan global yang dimiliki, pendapatan premi selama setahun, kemampuan membayar klaim dan rekomendasi publik.

  1. Teliti Sebelum Menandatangani SPAJ

Saat hendak membeli produk asuransi, biasanya Moms akan menandatangani Surat Permohonan Asuransi Jiwa (SPAJ), pada momen inilah Ginawati menyarankan untuk para Ibu bisa meneliti secara mendalam apa saja manfaat (coverage) yang diberikan,  serta mempelajari pengecualian yang ada.

Misalnya sehubungan dengan pasal pre-existing condition dimana asuransi kesehatan yang menyatakan manfaat asuransi tidak berlaku untuk penyakit yang sudah ada sebelumnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News