Keluarga

Bahaya Sinar UV Capai Level Ekstrem, Hindari Berkegiatan di Luar Ruangan Hari Ini

Bahaya Sinar UV Capai Level Ekstrem, Hindari Berkegiatan di Luar Ruangan Hari Ini

MOMSMONEY.ID - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menprediksi akan ada paparan sinar UV berbahaya hari ini, Kamis, 30 November 2023.

Paparan sinar UV berbahaya tinggi akan mulai dirasakan di Papua pada pukul 07.00 WIB atau 09.00 WIT. Sinar UV berbahaya ini akan datang dari arah tenggara. 

Lalu, seluruh Papua dan Maluku akan mengalami paparan sinar UV berbahaya sangat tinggi pada pukul 08.00 WIB atau 10.00 WIT. Sedangkan Sulawesi dan Nusa Tenggara Barat akan alami sinar UV bahaya tinggi. 

Baca Juga: 6 Manfaat Mewarnai bagi Anak, Meningkatkan Kreativitas hingga Kepercayaan Diri

Nah, berikut jadwal puncak paparan sinar UV berbahaya dengan level risiko sangat tinggi hingga sangat ekstrem di Indonesia pada Kamis, 30 November 2023:

  • 09.00 WIB, 10.00 WITA, 11.00 WIT: Sinar UV berbahaya ekstrem akan meliputi wilayah utara Papua, perairan utara Papua, perairan Maluku dan peraian selatan Papua. Wilayah Sulawesi, Bali dan Nusa Tenggara alami sinar UV bahaya sangat tinggi.   
  • 10.00 WIB, 11.00 WITA, 12.00 WIT: Sinar UV bahaya ekstrem meluas sari Papua, Maluku, Sulawesi dan Nusa Tenggara. Bali, Jawa dan Kalimantan alami sinar UV berbahaya sangat tinggi. 
  • 11.00 WIB, 12.00 WITA, 13.00 WIT: Sinar UV berbahaya ekstrem meliputi wilayah perairan Maluku , Sulawesi, Kalimantan, dan selatan Jawa, Bali dan Papua. Sementara itu Sumatera alami sinar UV bahaya sangat tinggi dan Papua alami sinar UV bahaya tinggi. 
  • 12.00 WIB, 13.00 WITA, 14.00 WIT: Sinar UV dengan bahaya ekstrem akan meliputi perairan barat Sumatera dan selatan Jawa. Sebagian besar Sumatera dan Kalimantan alami sinar UV bahaya sangat tinggi. Jawa, sebagian Sulawesi, Bali, Nusa Tenggara dan Papua alami sinar UV bahaya sedang. 

Pada pukul 13.00 WIB atau 15.00 WIT sinar UV bahaya sangat tinggi hanya meliputi wilayah perairan antara Kalimantan dan Sulawesi, perairan antara Sumatera dan Kalimantan serta perairan selatan Jawa dan barat Sumatera.

Kemudian, pada pukul 14.00 WIB atau 16.00 WIT hanya wilayah Sulawesi, Maluku dan Papua yang sudah aman dari bahaya sinar UV.

Wilayah Indonesia akan aman dari paparan sinar UV berbahaya mulai pukul 15.00 WIB. Sehingga, ada baiknya keluar rumah tanpa perlindungan pada pukul 16.00 WIB, 17.00 WITA dan 18.00 WIT. 

Baca Juga: Kasus Pneumonia di China Meningkat, Ini Langkah Kemenkes Antisipasi Pelunaran

Jika Anda harus beraktivitas di luar rumah sejak siang maka gunakan perlindungan yang diperlukan. Saat terpapar sinar UV yang menunjukan risiko berbahaya sangat tinggi , Anda berisiko menalami kerusakan kulit dan mata serta dapat terbakar dengan cepat. 

Nah, bagi orang yang terpapar sinar UV level ekstrem tanpa pelindung, perlu semua tindakan pencegahan karena kulit dan mata dapat rusak dan terbakar dalam hitungan menit. 

Sehingga, sebaiknya hindari paparan Matahari antara pukul 10 pagi hingga 5 sore. Anda juga disarankan tetap berada di tempat teduh pada saat Matahari terik siang hari. 

Kenakan pelindung seperti topi lebar dan kacamata hitam anti sinar UV saat berada di luar ruangan. Serta, oleskan cairan pelembab tabir surya SPF 30+ setiap 2 jam setelah berenang atau berkeringat.

Hindari juga permukaan pasir dan air karena akan meningkatkan paparan UV. 

Selanjutnya: Pemilu 2024, Jokowi: Tak Perlu Khawatir, Negara Kita Sudah Berpengalaman

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News