Bugar

Apakah Melon Bagus untuk Diet? Intip 8 Buah Terbaik untuk Diet Lainnya, yuk

Apakah Melon Bagus untuk Diet? Intip 8 Buah Terbaik untuk Diet Lainnya, yuk

MOMSMONEY.ID - Mengonsumsi buah merupakan salah satu strategi efektif dalam menjalankan diet sehat. Melon jadi salah satu buah yang direkomendasikan. Namun, banyak yang bertanya-tanya, apakah melon bagus untuk diet atau tidak?

Jawabannya adalah ya. Melon merupakan pilihan yang baik untuk diet karena rendah kalori dan memiliki kandungan air yang tinggi, sehingga membantu dalam pengelolaan berat badan. Melansir dari Healthline, satu cangkir (150-170 g) melon hanya mengandung sekitar 46-61 kalori.

Meskipun rendah kalori, melon kaya akan serat, kalium, dan antioksidan termasuk vitamin C. Sementara itu, tingginya kandungan air pada melon mendukung penurunan berat badan.

Baca Juga: 4 Jenis Buah yang Perlu Dihindari Penderita Diabetes, Catat ya!

Melon bisa dinikmati dalam berbagai cara, seperti dimakan segar, dipotong dadu atau dibentuk bola untuk menambahkan ke dalam salad buah. Selain itu, melon juga bisa dihaluskan menjadi smoothie atau dibekukan menjadi es loli buah yang menyegarkan.

Selain melon, di bawah ini adalah rekomendasi beberapa buah terbaik untuk diet lainnya:

1. Jeruk

Jeruk tinggi vitamin C dan serat yang dapat membantu mengekang rasa lapar dan mendukung penurunan berat badan jika dikonsumsi utuh daripada sebagai jus.

2. Pisang

Pisang, meski lebih tinggi kalori dibandingkan buah-buahan lain, menyediakan banyak nutrisi dan memiliki indeks glikemik yang rendah hingga sedang, yang membantu dalam pengaturan berat badan.

Baca Juga: Catat ya! Ini 15 Makanan Tinggi Protein untuk Diet yang Dapat Anda Konsumsi

3. Alpukat

Alpukat kaya akan lemak sehat dan kalori tetapi dapat membantu dalam penurunan berat badan. Studi menunjukkan bahwa konsumsi alpukat dapat meningkatkan rasa kenyang dan menurunkan nafsu makan.

4. Jeruk Bali

Setengah buah jeruk bali hanya mengandung 37 kalori namun menyediakan 51% dari kebutuhan harian vitamin C. Selain itu, jeruk bali memiliki indeks glikemik yang rendah, yang artinya dapat membantu mengendalikan nafsu makan dengan melepaskan gula ke dalam darah secara perlahan.

5. Apel

Apel dikenal rendah kalori dan tinggi serat. Satu buah apel besar mengandung 116 kalori dan 5,4 gram serat. Apel juga mengandung polifenol yang dapat membantu mencegah penumpukan lemak visceral.

Konsumsi apel utuh lebih efektif dalam mengurangi rasa lapar dibandingkan dengan meminum jus apel.

Baca Juga: Menilik 11 Manfaat Biji Mahoni untuk Kesehatan dan Simak Efek Sampingnya

6. Buah Beri

Buah beri seperti raspberry dan stroberi tidak hanya rendah kalori tetapi juga kaya akan nutrisi penting seperti vitamin C dan mangan.

Mengonsumsi buah beri dapat membantu menurunkan kolesterol, tekanan darah, dan inflamasi, yang semuanya bermanfaat bagi orang yang memiliki berat badan berlebih.

7. Markisa

Markisa, yang kaya akan serat, vitamin C, dan zat besi, hanya mengandung 18 kalori per buah. Kandungan seratnya yang tinggi membantu dalam mengontrol nafsu makan, dan bijinya memiliki piceatannol yang mungkin berpotensi menurunkan tekanan darah.

Baca Juga: Bisa Obati Berbagai Penyakit, Ini 11 Khasiat Ciplukan untuk Kesehatan Tubuh Anda

8. Kiwi

Kiwi adalah sumber yang baik dari banyak nutrisi dan memiliki efek positif pada pengaturan gula darah, kolesterol, dan kesehatan usus, yang semuanya membantu dalam penurunan berat badan.

Demikianlah jawaban atas pertanyaan, apakah melon bagus untuk diet atau tidak serta rekomendasi buah terbaik untuk diet lainnya. Semoga bermanfaat, ya.

Selanjutnya: Ini Alasan Benjamin Netanyahu Membubarkan Kabinet Perang Israel

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News