Bugar

Menilik 11 Manfaat Biji Mahoni untuk Kesehatan dan Simak Efek Sampingnya

Menilik 11 Manfaat Biji Mahoni untuk Kesehatan dan Simak Efek Sampingnya

MOMSMONEY.ID - Biji mahoni telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional. Namun, mungkin masih banyak orang yang belum mengetahui berbagai manfaat biji mahoni untuk kesehatan.

Merangkum dari laman Dokter Sehat dan Halodoc, ini adalah 11 manfaat biji mahoni untuk kesehatan:

1. Melindungi dari radikal bebas

Kandungan antioksidan dalam biji mahoni membantu melawan kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas.

Baca Juga: Catat ya! Ini 15 Makanan Tinggi Protein untuk Diet yang Dapat Anda Konsumsi

2. Memperkuat sistem imun

Mengonsumsi biji mahoni dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh sekaligus membantu tubuh melawan infeksi dan penyakit.

3. Meningkatkan kesehatan kardiovaskular

Flavonoid dalam biji mahoni dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah, membersihkan pembuluh darah dari kolesterol, dan mencegah pembentukan plak. Hal ini turut menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke.

4. Meningkatkan kesuburan

Biji mahoni dianggap sebagai obat tradisional yang efektif dalam meningkatkan kesuburan baik pada pria maupun wanita.

Untuk pria, biji ini bisa membantu mengurangi masalah disfungsi ereksi, sementara untuk wanita, biji mahoni dikatakan dapat meningkatkan peluang kehamilan.

Kandungan antioksidan dalam biji ini berperan penting dalam meningkatkan kualitas sperma dan sel telur, serta melindungi sel-sel yang bertanggung jawab dalam produksi sperma dan sel telur dari kerusakan akibat radikal bebas.

Baca Juga: 7 Sayuran Berdaun Hijau Paling Sehat yang Baik untuk Tubuh Anda, Apa Saja?

5. Meredakan alergi

Saponin yang terkandung dalam biji mahoni bertindak sebagai antihistamin yang dapat mengurangi berbagai reaksi alergi.

6. Mengatasi insomnia

Selain sebagai antihistamin, saponin di dalam biji mahoni juga diketahui dapat membantu mengatasi masalah tidur atau insomnia.

7. Mengatasi sembelit

Konsumsi biji mahoni dianggap dapat memperbaiki kondisi pencernaan dan mengatasi sembelit.

8. Meringankan nyeri menstruasi

Biji mahoni juga dapat digunakan untuk mengurangi nyeri haid, membuatnya menjadi pilihan yang baik bagi wanita yang mengalami kram menstruasi.

Baca Juga: Pisang Apa yang Bagus untuk Asam Lambung? Simak Tips Memilihnya!

9. Mengatasi gejala malaria

Biji mahoni juga memiliki sifat antimalaria, menjadikannya bermanfaat untuk pencegahan dan pengobatan gejala malaria. Mengonsumsi air rebusan biji mahoni dapat menjadi salah satu cara untuk memanfaatkan manfaat ini.

10. Menurunkan tekanan darah

Biji mahoni mengandung flavonoid yang efektif dalam menurunkan tekanan darah, terutama bagi mereka yang mengalami hipertensi. Meskipun biji mahoni dapat membantu, penting untuk tetap mengonsumsi obat resep yang diberikan oleh dokter untuk mengelola kondisi ini.

11. Mengontrol gula darah

Bagi penderita diabetes, biji mahoni dapat berguna dalam membantu mengontrol kadar gula darah. Biji ini mendukung pengelolaan gula darah dan dapat mengurangi komplikasi terkait diabetes.

Baca Juga: 12 Makanan Paling Padat Nutrisi, Bagus untuk Kesehatan

Itulah beberapa manfaat biji mahoni untuk kesehatan. Namun, konsumsi biji mahoni juga memiliki efek samping. Menurut laporan dari Health Science Authority, telah terjadi beberapa kasus cedera hati di Singapura yang diduga berkaitan dengan penggunaan biji mahoni.

Gejala cedera hati ini bervariasi, mulai dari yang ringan hingga yang parah. Sampai saat ini, belum terdapat data ilmiah yang cukup mengenai efek biji mahoni terhadap kesehatan.

Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk tetap berhati-hati dalam menggunakan biji mahoni atau obat herbal lainnya untuk tujuan kesehatan. Konsultasikan ke dokter sebelum mencoba biji mahoni sebagai obat herbal, ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News