Bugar

Bisa Obati Berbagai Penyakit, Ini 11 Khasiat Ciplukan untuk Kesehatan Tubuh Anda

Bisa Obati Berbagai Penyakit, Ini 11 Khasiat Ciplukan untuk Kesehatan Tubuh Anda

MOMSMONEY.ID - Ciplukan yang juga dikenal dengan nama Physalis angulata adalah tanaman yang banyak ditemukan di pekarangan. Buah ini ternyata menyimpan segudang manfaat untuk kesehatan. Apa saja sih khasiat ciplukan untuk kesehatan?

Menyadur dari laman Dokter Sehat, berikut ini adalah beberapa khasiat ciplukan untuk kesehatan yang bisa Anda dapatkan:

1. Mengatasi Nyeri Sendi dan Rematik

Ciplukan bisa digunakan untuk meredakan nyeri sendi dan rematik. Khasiat ini bisa didapatkan dengan cara mengompres bagian yang sakit menggunakan daun ciplukan yang telah diolah.

Baca Juga: Menilik 11 Manfaat Biji Mahoni untuk Kesehatan dan Simak Efek Sampingnya

2. Mengatasi Masalah Saluran Pernapasan

Mengonsumsi air rebusan daun ciplukan secara rutin bisa mencegah kambuhnya asma, serta mencegah penyakit paru-paru basah dan tuberkulosis berkat kandungan antibakterinya.

3. Sebagai Obat Penambah Darah

Jika Anda mengalami gejala anemia seperti lelah dan sesak napas, rebusan daun ciplukan bisa menjadi obat alami untuk meningkatkan produksi sel darah merah.

4. Mengatasi Gejala Penyakit Parkinson

Penyakit Parkinson yang mempengaruhi sistem saraf dan gerakan tubuh, sering kali menunjukkan gejala seperti tremor. Mengonsumsi jus ciplukan secara teratur dipercaya dapat mengurangi tremor tersebut.

Baca Juga: Catat ya! Ini 15 Makanan Tinggi Protein untuk Diet yang Dapat Anda Konsumsi

5. Menurunkan Kolesterol

Kolesterol tinggi bisa menyebabkan serangkaian masalah kesehatan serius seperti serangan jantung dan stroke. Ciplukan dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

6. Mengobati Penyakit Kuning

Penyakit kuning yang menyebabkan perubahan warna kulit dan tingginya kadar bilirubin di darah, umumnya terjadi pada bayi baru lahir tetapi juga bisa mempengaruhi orang dewasa. Ciplukan kaya akan antioksidan yang dipercaya efektif untuk mengatasi kondisi ini.

7. Mengatasi Epilepsi

Epilepsi, suatu kondisi yang menyebabkan kejang akibat gangguan aktivitas sel saraf di otak, dapat dikelola dengan bantuan buah ciplukan. Konsumsi buah ini disarankan sebagai pendamping pengobatan epilepsi.

Baca Juga: 7 Sayuran Berdaun Hijau Paling Sehat yang Baik untuk Tubuh Anda, Apa Saja?

8. Menurunkan Kadar Gula Darah

Hiperglikemia atau kadar gula darah tinggi adalah masalah umum pada penderita diabetes. Ciplukan, dengan kandungan yang mempengaruhi insulin, bisa membantu dalam mengelola kondisi ini.

9. Menjaga Kesehatan Saluran Kemih

Ciplukan juga berfungsi sebagai diuretik alami yang membantu dalam menjaga kesehatan saluran kemih, mencegah infeksi, dan menghindari pembentukan batu kandung kemih.

10. Mengatasi Infeksi Kulit

Untuk infeksi kulit yang menyebabkan luka terbuka atau borok, ciplukan dapat digunakan sebagai obat topikal. Mengaplikasikan daun ciplukan yang telah ditumbuk ke area yang terinfeksi dapat membantu penyembuhan.

Baca Juga: 12 Makanan Paling Padat Nutrisi, Bagus untuk Kesehatan

11. Obat Nyeri untuk Penyakit Lupus

Selain antiinflamasi, ciplukan juga memiliki efek analgesik yang dapat membantu meredakan nyeri, termasuk nyeri yang dialami oleh penderita penyakit lupus.

Nah, itulah beberapa khasiat ciplukan untuk kesehatan yang tersembunyi. Semoga bermanfaat, ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News