Bugar

Daftar Buah yang Bagus Dikonsumsi Penderita Asam Urat, Cek yuk!

 Daftar Buah yang Bagus Dikonsumsi Penderita Asam Urat, Cek yuk!

MOMSMONEY.ID - Beberapa jenis buah sering disebut pantangan bagi penderita asam urat karena tinggi purin dan fruktosa. Namun, ada juga buah yang bagus dikonsumsi penderita asam urat, lo.

Meskipun memang harus selektif, penderita asam urat masih boleh konsumsi buah tertentu yang menyehatkan. Dikutip dari Very Well Health dan Hello Sehat, inilah daftar buah yang bagus dikonsumsi penderita asam urat:

1. Ceri

Buah ceri terkenal dapat membantu mengurangi kadar asam urat dalam darah. Sebuah studi menunjukkan bahwa mengonsumsi ceri dapat mengurangi risiko serangan asam urat.

Kandungan antosianin tinggi dalam ceri dapat menghambat siklooksigenase, mirip dengan cara kerja obat NSAID, dan mengurangi peradangan dengan membersihkan oksida nitrat.

Baca Juga: 4 Sayuran Hijau yang Boleh Dimakan Penderita Asam Urat, Cek Ada Apa Saja!

2. Buah sitrus

Kelompok buah sitrus seperti jeruk manis, jeruk bali, lemon, dan jeruk nipis kaya akan vitamin C, yang dapat mengurangi respons peradangan di tubuh dan membantu meringankan efek peradangan pada penderita asam urat.

3. Nanas

Nanas mengandung enzim bromelain, yang memiliki sifat anti-inflamasi. Bromelain yang terkandung dalam nanas juga dapat mengurangi nyeri dan peradangan pada pasien osteoarthritis, yang mungkin memberikan manfaat serupa pada jenis peradangan sendi lainnya.

Baca Juga: Sederet Sayuran Tinggi Purin, Benarkah Bikin Asam Urat Melonjak Naik?

4. Semangka

Semangka adalah buah yang kaya akan air dan memiliki sifat diuretik, yang dapat membantu mengeluarkan asam urat dari tubuh. Selain itu, semangka juga rendah purin, yang merupakan senyawa yang dapat meningkatkan kadar asam urat.

5. Kiwi

Buah kiwi kaya akan vitamin C dan antioksidan lainnya seperti lutein dan likopen, yang dapat membantu mengurangi peradangan akibat kristal asam urat. Konsumsi kiwi secara teratur dapat membantu mencegah kambuhnya gejala asam urat.

Baca Juga: Apakah Asam Urat Boleh Diurut? Intip Jawabannya di Sini

6. Blewah

Sebagai alternatif kiwi, blewah juga merupakan buah yang kaya vitamin C dan dapat membantu menurunkan kadar asam urat tinggi. Buah ini juga menyediakan vitamin A, B kompleks, K, kolin, dan kalium.

7. Buah beri

Buah beri seperti stroberi, raspberi, blueberry, dan cranberry adalah pilihan yang baik karena kaya akan vitamin C dan nutrisi penting lainnya, serta memiliki kadar fruktosa yang rendah.

Nah, itulah daftar buah yang bagus dikonsumsi penderita asam urat. Catat! Konsumsi makanan apa pun haruslah dalam jumlah yang terukur. Hindari pula makanan yang tinggi purin dan fruktosa untuk mencegah kambuhnya asam urat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News