Bugar

Alasan Mengapa Obesitas Berbahaya untuk Kesehatan Anda

Alasan Mengapa Obesitas Berbahaya untuk Kesehatan Anda

MOMSMONEY.ID - Obesitas merupakan masalah kesehatan global yang serius, yang dikaitkan dengan berbagai kondisi kesehatan kronis dan peningkatan risiko mortalitas. Mengetahui alasan mengapa obesitas berbahaya untuk kesehatan adalah hal penting.

Didefinisikan sebagai akumulasi lemak tubuh yang abnormal atau berlebihan yang dapat mengganggu kesehatan, kondisi ini diukur menggunakan Indeks Massa Tubuh (IMT) di mana nilai 30 atau lebih dianggap obesitas.

Merujuk Medical News Today, alasan mengapa obesitas berbahaya untuk kesehatan Anda karena berisiko meningkatkan berbagai masalah kesehatan yang serius, di antaranya:

1. Sistem kardiovaskular

Obesitas meningkatkan risiko penyakit jantung dan masalah kardiovaskular lainnya, termasuk tekanan darah tinggi, diabetes tipe 2, dan apnea tidur. Penumpukan lemak di arteri dapat memicu serangan jantung dan stroke.

Baca Juga: Mengulik Efektivitas dan Cara Minum Cuka Apel untuk Diet

2. Sistem pernapasan

Kelebihan lemak dapat membatasi saluran udara, menyebabkan kesulitan bernapas dan meningkatkan risiko kondisi seperti hipertensi pulmonal, emboli paru, infeksi saluran pernapasan, apnea tidur obstruktif, asma, sindrom hipoventilasi obesitas, dan PPOK.

Sleep apnea yang umum di kalangan obesitas dapat memperburuk risiko diabetes tipe 2 dan penyakit jantung.

3. Sistem pencernaan

Obesitas berpotensi meningkatkan risiko penyakit hati berlemak non-alkohol, sirosis, batu empedu, polip kolon, esofagitis erosif, GERD, gastritis erosif, dan pankreatitis akut. Sebagian besar orang obesitas mengalami GERD, yang diduga karena tekanan intra-abdomen dari kelebihan lemak perut.

Baca Juga: Alasan Mengapa Lebih Baik Makan Buah Utuh Daripada Jus Buah

4. Sistem reproduksi

Obesitas dapat mempengaruhi kesehatan reproduksi, menyebabkan masalah dengan siklus menstruasi dan ovulasi, serta meningkatkan risiko komplikasi selama kehamilan. Beberapa studi juga menunjukkan obesitas dapat mempengaruhi produksi sperma dan kadar testosteron.

5. Sistem endokrin

Terdapat kaitan antara obesitas dengan kondisi endokrin dan hormon seperti hipotiroidisme, Sindrom Cushing, dan PCOS. Obesitas merupakan faktor risiko utama untuk diabetes tipe 2, yang juga meningkatkan risiko penyakit jantung, stroke, dan penyakit ginjal.

Baca Juga: Obesitas Salah Satu Penyebab Darah Tinggi, Simak Penyebab Lainnya, yuk

6. Kulit

Kelebihan lemak dapat menyebabkan masalah kulit seperti Acanthosis nigricans, stretch mark, skin tags, hirsutisme, hiperkeratosis plantar, psoriasis, selulit, limfedema, dan intertrigo, terutama karena lipatan kulit berlebih yang menyebabkan kelembaban dan gesekan.

7. Sistem sendi dan otot

Obesitas memberi tekanan ekstra pada sendi, meningkatkan risiko osteoartritis, dan dapat membatasi fungsi otot, yang berpotensi mempengaruhi mobilitas dan keseimbangan. Studi menunjukkan hubungan antara obesitas dengan peningkatan risiko osteoporosis di kemudian hari.

Baca Juga: Godaan Berat Diet, Bolehkah Makan Mie Instan saat Diet?

8. Kesehatan mental

Obesitas seringkali dikaitkan dengan depresi, kecemasan, gangguan makan, dan gangguan penggunaan zat, mempengaruhi mood, harga diri, citra tubuh, dan kualitas hidup. Seseorang obesitas mungkin mengalami gangguan psikologis lebih tinggi dibandingkan mereka yang tidak obesitas.

9. Kanker

Risiko pengembangan beberapa jenis kanker, termasuk hati, ginjal, pankreas, kolon, ovarium, dan kandung empedu, meningkat dengan obesitas.

Itulah beberapa alasan mengapa obesitas berbahaya untuk kesehatan. Mengurangi berat badan melalui diet seimbang, olahraga teratur, dan, dalam beberapa kasus, intervensi medis, dapat secara signifikan mengurangi risiko kondisi kesehatan yang terkait dengan obesitas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News