Bugar

Godaan Berat Diet, Bolehkah Makan Mie Instan saat Diet?

Godaan Berat Diet, Bolehkah Makan Mie Instan saat Diet?

MOMSMONEY.ID - Mie instan memanglah memiliki citarasa yang lezat dan mudah dibuat. Namun, bolehkah makan mie instan saat diet?

Saat diet, seringkali kita dihadapkan pada berbagai godaan. Salah satu godaan yang umum adalah makanan instan, termasuk mie instan.

Kandungan nutrisi dalam mie instan

Ada banyak variasi mie instan yang tersedia, dan setiap jenis memiliki jumlah kalori dan makronutrien yang berbeda yang menentukan nilai gizinya.

Jadi, jika Anda mempertimbangkan untuk mengonsumsi mie instan sebagai bagian dari program penurunan berat badan Anda sebagai sesuatu yang dinikmati, penting untuk mengetahui berapa kalori dan kandungan makronutrien dalam merek tertentu.

Baca Juga: Bantu Sukseskan Diet Anda, Konsumsi Makanan Pengganti Nasi Ini!

Bersumber dari HealthifyMe, menurut USDA, 100 gram mie instan mengandung komposisi nutrisi berikut:

  • Kalori: 478 kalori
  • Protein: 7,5 gram
  • Karbohidrat: 60 gram
  • Serat: 0,8 gram
  • Natrium: 2520 miligram
  • Total lemak: 23,3 gram
  • Lemak jenuh: 6,67 gram

Lantas, bolehkah makan mie instan saat diet?

Sebaiknya, Anda harus menghindari mie instan saat diet. Mie instan tidak tergolong sebagai makanan yang mendukung penurunan berat badan.

Tidak peduli seberapa sedikit jumlahnya yang Anda konsumsi atau apakah Anda mengubah resepnya dari yang disediakan di kemasan. Mie instan bukanlah pilihan yang cocok untuk mendukung penurunan berat badan.

Lebih lanjut, makanan ini tidak akan pernah memberikan manfaat gizi yang optimal bagi tubuh Anda. Namun, jika Anda menikmati mie instan dan ingin tetap mempertahankan gaya hidup sehat, disarankan untuk membatasi konsumsinya menjadi sekali atau dua kali sebulan.

Mengonsumsi mie instan secara rutin, baik harian maupun mingguan, dapat berdampak buruk pada kesehatan.

Baca Juga: Minuman Diet Enak dan Segar, 7 Jus Buah dan Sayur Penurun Berat Badan

Berdasarkan penelitian, asupan protein yang cukup dapat meningkatkan rasa kenyang dan mengurangi nafsu makan, sehingga menjadi penting dalam penurunan berat badan.

Serat juga berperan dalam membuat Anda merasa kenyang lebih lama dengan proses pencernaan yang lambat. Oleh karena itu, merasa kenyang adalah kunci dalam mengendalikan asupan kalori dan mendukung penurunan berat badan.

Namun, mie instan memiliki kandungan serat dan protein yang rendah. Ini berarti, mengonsumsinya tidak akan memberikan efek rasa kenyang yang cukup.

Sebaliknya, kurangnya serat dan protein dalam mie instan dapat menyebabkan lonjakan gula darah yang cepat, memicu keinginan untuk makanan karbohidrat yang sederhana.

Sebuah studi menunjukkan, tingkat konsumsi mie instan yang tinggi dikaitkan dengan peningkatan risiko kardiometabolik, termasuk kelebihan berat badan atau obesitas, terutama di antara mereka yang berusia 18-29 tahun.

Nah, itulah pembahasan terkait boleh atau tidaknya makan mie instan saat diet. Walaupun menggoda, sebaiknya hindari mie instan saat diet, ya.

Cobalah untuk konsumsi makanan yang sehat dan tinggi serat karena lebih efektif untuk membantu menurunkan berat badan. Semoga bermanfaat!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News