Bugar

9 Pilihan Daun untuk Mengobati Asam Lambung, Intip Daftarnya di Sini

9 Pilihan Daun untuk Mengobati Asam Lambung, Intip Daftarnya di Sini

MOMSMONEY.ID - Pengobatan alami yang dapat dicoba, yuk, ketahui beberapa daun untuk mengobati asam lambung berikut.

Asam lambung naik sering kali menimbulkan rasa tidak nyaman di dada atau tenggorokan akibat naiknya asam lambung ke kerongkongan. Meskipun obat-obatan tersedia untuk mengatasi kondisi ini, beberapa orang mencari pengobatan alami sebagai alternatif yang lebih ramah bagi tubuh.

Salah satu solusi alami yang banyak dipercaya adalah penggunaan daun-daunan tertentu yang memiliki sifat penyembuhan. Merangkum dari laman Alodokter dan Hello Sehat, di bawah ini adalah beberapa pilihan daun untuk mengobati asam lambung:

1. Daun Lidah Buaya

Lidah buaya juga efektif untuk mengatasi asam lambung. Penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Traditional Chinese Medicine menyebutkan bahwa lidah buaya memiliki sifat anti-inflamasi yang mampu mengurangi peradangan pada lambung dan meredakan gejala GERD.

Cara mengolahnya cukup mudah: kupas daun lidah buaya, ambil gelnya, dan blender hingga halus. Tambahkan air secukupnya agar lebih mudah diminum.

Baca Juga: Apa yang Terjadi Jika Minum Es Teh Setiap Hari? Ini yang Terjadi pada Tubuh Anda

2. Daun Jambu Biji

Daun jambu biji memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu meredakan gejala seperti heartburn. Untuk memanfaatkan daun ini, Anda cukup merebus beberapa lembar daun jambu biji yang sudah dicuci bersih dan minum air rebusannya.

3. Daun Kelor

Menurut studi yang diterbitkan dalam Saudi Journal of Biological Science, ekstrak daun kelor dapat membantu menurunkan keasaman lambung.

Selain itu, daun ini juga dapat melindungi lambung dari iritasi dengan meningkatkan produksi lendir pada dinding lambung. Anda bisa merebus daun tersebut dan meminum air rebusannya sebagai teh.

Baca Juga: Minum Air Dingin Setelah Makan, Aman atau Tidak ya?

4. Daun Kemangi

Penelitian yang dipublikasikan dalam Jurnal Kedokteran Brawijaya menunjukkan bahwa ekstrak daun kemangi dapat meredakan radang lambung, yang jika dibiarkan bisa memicu naiknya asam lambung.

Kandungan flavonoid dan saponin dalam daun kemangi memiliki sifat anti-inflamasi. Anda bisa mengonsumsi daun kemangi dalam bentuk teh atau suplemen herbal.

5. Daun Sirih

Studi dalam Journal of Ayurveda and Integrative Medicine menunjukkan bahwa daun sirih memiliki efek protektif pada lambung dengan meningkatkan produksi lendir yang melindungi dinding lambung dari asam. Cara mengolahnya sederhana: rebus daun sirih dan minum air rebusannya.

Baca Juga: Khasiat Timun untuk Asam Lambung yang Jarang Diketahui, Begini Cara Konsumsinya

6. Daun Senggani

Daun senggani memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat meredakan peradangan lambung. Studi dalam BMC Complementary Medicine Therapies menunjukkan bahwa daun senggani mengandung quercetin yang dapat mengurangi volume dan keasaman lambung.

Anda bisa mengolah daun senggani dengan cara merebus beberapa lembar daun yang sudah dicuci bersih dan minum air rebusannya.

7. Daun Patikan Kebo

Ekstrak metanol dari daun patikan kebo dapat melindungi dinding lambung dari kerusakan yang disebabkan oleh produksi asam lambung berlebih. Selain itu, daun ini juga memiliki sifat anti-inflamasi yang membantu mengurangi peradangan pada lambung.

Untuk mendapatkan manfaatnya, rebus 5–8 lembar daun patikan kebo dalam satu gelas air hingga mendidih, lalu minum air rebusannya secara rutin.

Baca Juga: Jangan Lewatkan, Inilah Manfaat Makan Pepaya bagi Kesehatan Tubuh Anda

8. Daun Pepaya

Daun pepaya mengandung enzim papain yang dapat menetralkan asam lambung dan meredakan peradangan. Meskipun demikian, dosis yang tepat masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

Anda bisa mengonsumsi ekstrak daun pepaya dengan tidak lebih dari lima hari berturut-turut untuk menghindari efek samping seperti mual dan muntah.

9. Daun Mint

Daun mint dikenal membantu meredakan masalah pencernaan, termasuk asam lambung tinggi, berkat kandungan seratnya yang dapat meningkatkan fungsi pencernaan.

Anda bisa membuat teh dari daun mint dengan merebus satu genggam daun mint dalam dua gelas air selama lima menit. Minumlah teh ini dua kali sehari.

Baca Juga: Manfaat Santan Kelapa untuk Kesehatan Tubuh, Bisa Turunkan BB?

Meskipun aman bagi kebanyakan orang, orang yang alergi terhadap daun mint harus menghindarinya karena bisa memicu gejala asma.

Nah, itulah sejumlah pilihan daun untuk mengobati asam lambung yang dapat Anda coba. Semoga bermanfaat, ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News