Bugar

Minum Air Dingin Setelah Makan, Aman atau Tidak ya?

Minum Air Dingin Setelah Makan, Aman atau Tidak ya?

MOMSMONEY.ID - Banyak jadi perbincangan, apakah aman minum air dingin setelah makan? Cari tahu ulasannya di sini, yuk.

Sudah menjadi kebiasaan bagi sebagian orang untuk meneguk segelas air dingin setelah makan. Baik untuk menetralisir rasa pedas di mulut atau sekedar untuk kesegaran, minum air dingin memang sering menjadi pilihan.

Namun, banyak mitos dan opini yang beredar mengenai keamanan kebiasaan ini. Beberapa sumber mengklaim bahwa itu bisa berdampak buruk pada pencernaan.

Namun, apakah aman minum air dingin setelah makan sebenarnya?

Baca Juga: Apa yang Terjadi jika Makan Telur Setiap Hari? Cari Tahu di Sini, yuk

Minum air dingin setelah makan dikatakan dapat mengganggu pencernaan. Suhu dingin dari air bisa mengubah konsistensi makanan dalam perut, sehingga membuatnya lebih keras dan sulit dicerna.

Terutama untuk makanan yang berlemak, suhu dingin bisa membuat lemak mengeras. Ini tidak hanya memperlambat proses pencernaan, tetapi juga bisa meningkatkan risiko refluks asam.

Melansir dari Step to Health, menambah konsumsi air lebih dari yang biasa juga bisa mengencerkan asam lambung yang diperlukan untuk memecah makanan, sehingga hal ini dapat memperlambat pencernaan.

Selain itu, hal tersebut juga dapat membuat Anda merasa lemas dan lelah, sehingga mempengaruhi produktivitas setelah makan.

Bagi mereka yang memiliki sensitivitas gigi atau cenderung mengalami migrain, minum air dingin bisa memicu sakit kepala. Air dingin juga bisa menyebabkan kembung dan menimbulkan rasa sakit ini bisa bertahan lama karena proses pencernaan yang lebih lambat.

Baca Juga: 8 Manfaat Konsumsi Jeruk bagi Kesehatan yang Luar Biasa, Apa Saja ya?

Jadi, apakah aman konsumsi air dingin setelah makan? Para ahli menyarankan untuk minum air dengan suhu ruangan, bukan air dingin. Perut kita secara alami dirancang untuk mengolah makanan yang suhunya mendekati suhu tubuh.

Makanan atau minuman yang terlalu dingin atau panas bisa mempersulit perut dalam melakukan pencernaan.

Meskipun ada kekhawatiran tentang minum air langsung setelah makan, tubuh kita tetap membutuhkan asupan air yang cukup setiap hari untuk berfungsi dengan baik.

Terhidrasi dengan baik memungkinkan tubuh untuk menjalankan fungsi vitalnya dengan baik, meningkatkan sirkulasi, dan membantu dalam detoksifikasi. Minum cukup air setiap hari adalah kunci untuk kesehatan Anda. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya: Investasi Industri Asuransi Jiwa Mencapai Rp 538,80 Triliun pada Semester I-2024

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News