Bugar

Manfaat Santan Kelapa untuk Kesehatan Tubuh, Bisa Turunkan BB?

Manfaat Santan Kelapa untuk Kesehatan Tubuh, Bisa Turunkan BB?

MOMSMONEY.ID - Tahukah bahwa terdapat sejumlah manfaat santan kelapa untuk kesehatan tubuh, lho. Apa saja?

Santan kelapa lebih dari sekadar pelengkap kuliner. Santan kelapa juga memiliki berbagai manfaat kesehatan. Sayangnya belum banyak yang tahu tentang hal ini.

Melansir dari Medical News Today dan Halodoc, di bawah ini adalah beberapa manfaat santan kelapa untuk kesehatan tubuh Anda:

1. Menurunkan Berat Badan

Santan mengandung jenis lemak yang dikenal sebagai trigliserida rantai menengah (MCT). MCT ini dapat meningkatkan pembakaran energi melalui proses yang disebut thermogenesis atau produksi panas.

Riset menunjukkan bahwa MCT dapat membantu mengurangi berat badan dan penumpukan lemak, membuat orang merasa kenyang lebih lama setelah makan, dan meningkatkan sensitivitas insulin yang dapat membantu dalam penurunan berat badan.

Penelitian pada tikus tahun 2020 juga menemukan bahwa mengonsumsi santan cenderung mengalami penurunan berat badan dan lemak visceral.

Baca Juga: Catat ya! Ini 7 Kandungan Skincare untuk Kulit Berjerawat yang Aman Digunakan

2. Menyehatkan Jantung

Santan mengandung asam laurat, sebuah antioksidan yang diyakini bisa membantu mencegah penyakit jantung dan stroke. Penelitian pada hewan juga menunjukkan bahwa kombinasi diet tinggi protein dengan santan dapat membantu mengelola kadar kolesterol.

3. Melawan Radikal Bebas

Santan mengandung fenol yang merupakan antioksidan yang membantu melawan radikal bebas. Radikal bebas dapat menyebabkan stres oksidatif yang berpotensi menyebabkan berbagai kondisi kesehatan termasuk kanker dan penyakit jantung.

Sebuah studi tahun 2015 menemukan bahwa santan memiliki aktivitas antioksidan yang lebih tinggi dibandingkan susu kambing dan sapi.

4. Antimikroba dan Anti-inflamasi

Santan juga mengandung asam laurat yang memiliki sifat antimikroba dan anti-inflamasi. Penelitian menunjukkan bahwa asam laurat efektif dalam menghambat pertumbuhan bakteri seperti Staphylococcus aureus, Streptococcus pneumoniae, dan Mycobacterium tuberculosis.

Selain itu, penelitian lain menemukan bahwa asam laurat dapat memicu kematian sel pada sel kanker payudara dan endometrium.

Baca Juga: Rupanya Begini Gejala Asam Lambung Naik ke Kepala, Simak Cara Mengatasinya

5. Meningkatkan Fungsi Kognitif

Lemak dalam santan dapat membantu meningkatkan fungsi kognitif. Selain itu, kandungan antioksidannya juga memberikan perlindungan terhadap kerusakan radikal bebas yang bisa mengurangi fungsi otak dan meningkatkan risiko Alzheimer.

6. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan dan Mengurangi Gejala Penyakit Lambung

Sifat antiinflamasi santan juga berpotensi membantu dalam mencegah dan mengurangi gejala penyakit lambung. Manfaat ini dilandasi oleh penelitian pada hewan yang menunjukkan bahwa santan bisa mengurangi risiko tukak lambung.

7. Sumber Energi yang Baik

Kandungan kalori yang tinggi dalam santan membuatnya menjadi sumber energi yang baik, terutama setelah berolahraga atau selama pemulihan.

Baca Juga: Benarkah Vertigo Disebabkan Asam Lambung Naik? Ini Faktanya

8. Meningkatkan Kelembapan Kulit

Santan juga bisa digunakan sebagai masker kulit untuk meningkatkan hidrasi, terutama pada kulit yang sangat kering.

9. Mencegah Anemia

Kandungan zat besi yang tinggi dalam santan dapat membantu dalam memproduksi sel darah merah dan mencegah anemia.

Itulah beberapa manfaat santan kelapa untuk kesehatan tubuh. Walaupun banyak manfaat yang ditawarkan oleh santan, penting untuk dicatat bahwa konsumsi berlebihan tetap bisa berdampak negatif. Mengingat kandungan kalori dan lemaknya yang tinggi.

Oleh karena itu, penting untuk mengonsumsi santan dalam jumlah yang wajar dan seimbang. Penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk memahami secara penuh dampak santan terhadap kesehatan, terutama efek jangka panjangnya. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya: Rawan Dialami Si Kecil, Begini Cara Mencegah Infeksi Cacing Kremi, Moms!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News