Bugar

10 Larangan Makanan untuk Penderita Asam Lambung, Intip Daftarnya di Sini

10 Larangan Makanan untuk Penderita Asam Lambung, Intip Daftarnya di Sini

MOMSMONEY.ID - Bagi penderita asam lambung, memilih makanan yang tepat merupakan bagian penting dari pengelolaan gejala. Makanan tertentu dapat memicu kekambuhan. Ada sejumlah larangan makanan untuk penderita asam lambung.

Pada kesempatan kali ini, MomsMoney telah merangkumkan daftar larangan makanan untuk penderita asam lambung sebagai berikut:

1. Makanan asin

Konsumsi makanan asin secara berlebihan telah dikaitkan dengan risiko yang lebih tinggi terhadap refluks asam. Ini terutama karena seringkali makanan asin juga merupakan makanan yang digoreng dan berlemak.

Baca Juga: Ketahui Khasiat Tersembunyi Air Kelapa Muda untuk Asam Lambung yuk

2. Makanan tinggi lemak

Makanan seperti gorengan yang tinggi lemak dapat merangsang produksi hormon cholecystokinin, yang melemaskan katup esofagus bagian bawah.

Ini mengakibatkan asam lambung mudah naik ke kerongkongan dan memicu heartburn. Lemak juga memperlambat pengosongan lambung, sehingga asam lambung bertambah banyak dan memicu gejala.

Dikutip dari Dokter Sehat, bahkan lemak sehat seperti yang ditemukan pada alpukat dan kacang juga dapat meningkatkan risiko asam lambung naik.

3. Makanan pedas

Senyawa capsaicin dalam cabai dapat memperlambat proses pencernaan. Ini membuat makanan bertahan lebih lama di lambung dan meningkatkan risiko heartburn.

4. Tomat

Tomat termasuk dalam kategori pantangan karena mengandung asam sitrat dan asam malat yang dapat meningkatkan asam lambung.

Baca Juga: Mie Instan untuk Penderita Asam Lambung, Amankah Dikonsumsi?

5. Buah Citrus

Meskipun kaya vitamin C, buah-buahan seperti jeruk dan lemon dapat memicu asam lambung karena keasamannya yang tinggi. Keasaman ini dapat melemahkan otot esofagus dan memperparah sensasi perih.

6. Bawang

Dikutip dari Hello Sehat, mengonsumsi bawang merah, bawang putih, atau bombai dapat melemahkan otot pada bagian bawah kerongkongan, sehingga memudahkan asam lambung untuk naik dan memicu gejala asam lambung.

Bawang juga bisa menyebabkan iritasi pada lambung karena sifatnya yang pedas.

7. Cokelat

Cokelat adalah makanan yang tinggi lemak dan mengandung senyawa seperti triptofan dan theobromine yang bisa melemaskan sfingter esofagus bagian bawah. Selain itu, cokelat juga mengandung kafein yang dapat memicu asam lambung.

Baca Juga: Buah Beku dan Buah Segar, Mana yang Lebih Sehat?

8. Mint

Daun mint tertentu diketahui bisa memperburuk gejala heartburn dan refluks asam lambung. Oleh karena itu, daun mint masuk dalam daftar larangan makanan untuk penderita asam lambung.

9. Susu

Konsumsi susu murni atau susu tinggi lemak lainnya bisa meningkatkan produksi asam lambung dan memperburuk gejala asam lambung naik.

10. Kafein

Minuman berkafein, seperti kopi dan teh, dapat melemahkan otot katup kerongkongan bagian bawah. Ini memungkinkan asam lambung naik dan memicu gejala asam lambung. Kafein juga meningkatkan produksi asam lambung, sehingga memperparah kondisi tersebut.

Baca Juga: Inilah Khasiat Jus Alpukat untuk Asam Lambung yang Jarang Diketahui

Demikianlah uraian daftar larangan makanan untuk penderita asam lambung. Semoga informasi ini bermanfaat, ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News