Bugar

Apakah Apel Baik untuk Asam Lambung? Intip Jawabannya di Sini!

Apakah Apel Baik untuk Asam Lambung? Intip Jawabannya di Sini!

MOMSMONEY.ID - Asam lambung tinggi adalah kondisi yang banyak dikeluhkan dan mempengaruhi kualitas hidup. Salah satu cara efektif untuk mengelola dan mengurangi gejala asam lambung adalah melalui diet yang tepat. Buah-buahan sering kali menjadi topik diskusi dalam konteks ini, khususnya apel. Namun, apakah apel baik untuk asam lambung?

Kandungan Nutrisi Apel

Melansir dari Healthline, apel mengandung banyak kalsium, magnesium, dan potassium. Ketiga mineral ini, yang bersifat basa, dipercaya bisa mengurangi gejala asam lambung. Asam lambung terjadi saat asam dari perut naik ke kerongkongan.

Banyak orang percaya bahwa makan apel setelah makan atau sebelum tidur dapat mengurangi asam di perut karena apel bisa membuat perut menjadi lebih basa. Apel yang manis biasanya lebih baik untuk hal ini dibandingkan apel yang asam.

Baca Juga: Ampuh! Inilah Makanan Penurun Asam Lambung yang Bisa Anda Coba

Apakah Apel Baik untuk Asam Lambung?

Pendapat tentang apakah apel baik untuk asam lambung cukup beragam. Sebenarnya tidak ada bukti yang kuat terkait efektivitas apel untuk asam lambung. Sebagian besar jenis apel, terutama yang manis, cenderung memiliki efek netral atau bahkan menguntungkan bagi penderita GERD.

Namun, untuk beberapa orang, apel terutama jenis yang sangat asam dapat memicu gejala asam lambung. Ini karena apel yang lebih asam dapat merangsang kelenjar di lambung untuk mengeluarkan lebih banyak asam. Oleh karena itu, sangat penting untuk memperhatikan bagaimana tubuh Anda bereaksi terhadap berbagai jenis apel.

Baca Juga: Menilik Manfaat Jus Alpukat untuk Asam Lambung yang Jarang Orang Tahu

Cara Mengonsumsi Apel untuk Penderita Asam Lambung

Jika Anda ingin mencoba apel sebagai bagian dari diet untuk mengelola asam lambung, berikut adalah beberapa tips yang bisa diikuti:

  • Pilih dengan jenis apel yang lebih manis dan kurang asam, seperti Red Delicious, Gala, atau Fuji.
  • Apel yang lebih matang cenderung lebih sedikit mengandung asam.
  • Makan apel dalam porsi kecil dan amati bagaimana reaksi tubuh Anda.

Baca Juga: Redakan Asam Lambung Naik Dengan 10 Cara Jitu Ini

Nah, demikianlah pembahasan terkait apakah apel baik untuk asam lambung atau tidak. Mengelola asam lambung bukan hanya tentang menghindari makanan yang memicu gejala, tapi juga tentang menciptakan diet seimbang yang mendukung kesehatan pencernaan secara keseluruhan.

Apel, dengan kandungan serat dan nutrisinya, bisa menjadi bagian dari solusi asalkan dikonsumsi dengan bijak sesuai dengan kebutuhan dan reaksi tubuh Anda.

Dalam beberapa kasus, penggabungan apel dalam diet harian dapat membantu mengurangi gejala asam lambung, namun bagi sebagian orang, bisa jadi sebaliknya.

Penting untuk mendiskusikannya dengan dokter atau ahli gizi. Melalui pendekatan yang tepat, Anda bisa menikmati manfaat apel tanpa memperburuk kondisi asam lambung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News