Bugar

Jangan Lewatkan, Inilah Manfaat Makan Pepaya bagi Kesehatan Tubuh Anda

Jangan Lewatkan, Inilah Manfaat Makan Pepaya bagi Kesehatan Tubuh Anda

MOMSMONEY.ID - Tersimpan beberapa manfaat makan pepaya bagi kesehatan tubuh, lho. Yuk, simak ulasannya di sini!

Dengan rasa manis dan tekstur lembutnya, pepaya tidak hanya enak dimakan, tetapi juga memberikan sejumlah manfaat kesehatan. Apa sajakah itu?

Merangkum dari laman Medical News Today dan Very Well Fit, di bawah ini adalah beberapa manfaat makan pepaya bagi kesehatan tubuh:

1. Menyehatkan Mata

Senyawa organik dalam pepaya seperti likopen bisa membantu mengurangi peradangan dan stres oksidatif yang berhubungan dengan penyakit mata, seperti degenerasi makula.

Likopen juga membantu melindungi bagian penting dari retina dari peradangan dan stres oksidatif. Selain itu, pepaya mengandung karoten yang membantu memperbaiki penglihatan dan mencegah rabun senja, serta zeaxanthin yang menyaring sinar biru berbahaya yang dapat merusak mata.

Baca Juga: 5 Bahan Alami untuk Menghilangkan Bau Badan, yuk Coba!

2. Menurunkan Risiko Asma

Studi menunjukkan bahwa karoten, likopen, dan zeaxanthin di dalam pepaya dapat mengurangi risiko asma pada orang dewasa. Pepaya juga memiliki efek anti-inflamasi yang bisa membantu dalam kondisi asma, meskipun masih perlu penelitian lebih lanjut untuk hal ini.

3. Mencegah Kanker

Beberapa senyawa di dalam pepaya, seperti likopen, zeaxanthin, dan lutein, mungkin memiliki efek antikanker.

Studi telah menunjukkan bahwa likopen bisa melawan kanker prostat, zeaxanthin bisa melawan sel kanker lambung, dan lutein dapat memperlambat pertumbuhan sel kanker payudara.

Baca Juga: Pilihan Sayuran Hijau yang Boleh Dimakan Penderita Asam Urat, Cek di Sini

4. Menyehatkan Tulang

Pepaya adalah sumber yang baik dari vitamin K, yang penting untuk kesehatan tulang. Vitamin K meningkatkan penyerapan kalsium dan mengurangi ekskresi kalsium dalam urin, sehingga lebih banyak kalsium tersedia untuk memperkuat tulang.

5. Mencegah Diabetes

Kandungan serat dari pepaya dapat membantu menurunkan kadar glukosa darah pada diabetes tipe 1 dan memperbaiki kadar gula darah, lipid, dan insulin pada diabetes tipe 2. Satu pepaya kecil menyediakan hampir 3 gram serat dengan hanya 17 gram karbohidrat.

Baca Juga: Jangan Dibiasakan, Berikut Bahaya Tidur Terlalu Lama bagi Kesehatan

6. Menyehatkan Pencernaan

Kandungan serat dan air yang tinggi dalam pepaya membantu mencegah sembelit dan mendukung sistem pencernaan yang sehat.

7. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Antioksidan seperti likopen dalam pepaya dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke. Pepaya juga kaya serat yang bisa menurunkan kolesterol dan kaya kalium yang bermanfaat untuk tekanan darah tinggi.

Baca Juga: Bisa Turunkan LDL di Tubuh, Konsumsi Buah yang Bagus untuk Kolesterol Ini yuk

8. Menyehatkan Rambut

Pepaya bagus untuk rambut karena kandungan vitamin A yang dibutuhkan untuk produksi sebum yang menjaga kelembapan rambut. Vitamin C yang cukup dari pepaya juga penting untuk membangun dan memelihara kolagen yang memberikan struktur pada kulit dan rambut.

9. Menyehatkan Kulit

Vitamin C dalam pepaya sangat penting untuk produksi kolagen. Karena kolagen membantu kulit memperbaiki diri dan menyembuhkan luka, asupan cukup vitamin C dari pepaya dapat mendukung kesehatan kulit Anda.

Itulah beberapa manfaat makan pepaya bagi kesehatan tubuh Anda. Semoga bemanfaat, ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News