Bugar

Apa yang Terjadi Jika Minum Es Teh Setiap Hari? Ini yang Terjadi pada Tubuh Anda

Apa yang Terjadi Jika Minum Es Teh Setiap Hari? Ini yang Terjadi pada Tubuh Anda

MOMSMONEY.ID - Jadi favorit banyak orang, apa yang terjadi jika minum es teh setiap hari ya?

Es teh adalah minuman yang menyegarkan dan populer, terutama di hari-hari yang panas. Banyak orang mengonsumsi es teh setiap hari tanpa menyadari efeknya pada tubuh.

Konsumsi es teh berlebihan bisa membawa risiko kesehatan yang perlu diwaspadai. Lantas, apa yang terjadi jika minum es teh setiap hari?

Menyadur dari Kompas, inilah yang terjadi pada tubuh Anda:

1. Risiko Diabetes Tipe 2

Minuman manis seperti es teh yang tinggi kandungan gula dapat meningkatkan risiko Anda terkena diabetes tipe 2. Meski satu cangkir es teh mungkin mengandung gula di bawah rekomendasi harian, konsumsi beberapa gelas per hari bisa secara signifikan meningkatkan asupan gula Anda.

Baca Juga: Khasiat Teh Hijau untuk Kolesterol yang Layak Dicoba lo

2. Risiko Gagal Ginjal

Dokter Umbar Ghaffar dari University of Arkansas telah menemukan bahwa konsumsi teh berlebihan bisa menyebabkan gagal ginjal. Ini terjadi karena oksalat yang terkandung dalam teh bisa menyumbat dan meradang ginjal.

3. Penambahan Berat Badan dan Obesitas

Meskipun teh dikenal dapat membantu menurunkan berat badan, es teh manis memiliki efek sebaliknya karena tinggi kandungan gula. Penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi minuman manis secara teratur bisa berkontribusi pada penambahan berat badan dan obesitas.

Baca Juga: Waspadai ya! Begini Tanda Diabetes pada Kulit yang Sering Tak Disadari

4. Mengurangi Penyerapan Zat Besi

Minum es teh setelah makan dapat mengurangi penyerapan zat besi dari makanan Anda. Ini terjadi karena tanin dalam teh yang bisa mengikat zat besi, membuatnya sulit diserap oleh tubuh.

5. Meningkatkan Risiko Stroke

Konsumsi es teh manis secara berlebihan dapat meningkatkan trigliserida, yang dikaitkan dengan risiko stroke yang lebih tinggi. Menurut American Heart Association, tingkat trigliserida yang tinggi adalah faktor risiko penting untuk stroke.

Baca Juga: 8 Manfaat Kembang Kol bagi Kesehatan Tubuh Anda, Bantu Turunkan BB

6. Risiko Penyakit Jantung

Selain stroke, minum es teh manis secara rutin juga bisa meningkatkan risiko penyakit jantung. Kafein yang tinggi dalam es teh bisa mempengaruhi kesehatan kardiovaskular, terutama jika dikonsumsi dalam jumlah besar.

7. Mual dan Mulas

Minum es teh atau teh secara berlebihan juga bisa menyebabkan rasa mual dan mulas. Ini bisa memperparah kondisi seperti refluks asam, di mana kafein bisa mengendurkan sfingter esofagus dan memungkinkan asam lambung naik ke kerongkongan.

Baca Juga: Layak Dicoba! Ini 6 Minuman untuk Menurunkan Gula Darah yang Ampuh

8. Gangguan Tidur

Teh mengandung kafein yang, jika dikonsumsi terlalu banyak, dapat mengganggu kualitas tidur Anda. Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi kafein 6 jam sebelum tidur bisa mempengaruhi tidur, meskipun beberapa studi menemukan hasil yang berbeda.

Itulah ulasan terkait apa yang terjadi jika minum es teh setiap hari. Anda masih boleh minum es teh. Akan tetapi, pastikan porsinya wajar dan tidak berlebihan, ya. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News