Bugar

9 Efek Samping Terlalu Banyak Minum Teh yang Bisa Picu Stres

9 Efek Samping Terlalu Banyak Minum Teh yang Bisa Picu Stres

MOMSMONEY.ID - Minuman favorit banyak orang, rupanya ada sejumlah efek samping terlalu banyak minum teh lo. Cek ulasannya di sini!

Teh adalah salah satu minuman paling populer di dunia yang memiliki banyak manfaat kesehatan. Namun, meskipun teh menawarkan banyak manfaat, konsumsi teh yang berlebihan bisa berdampak negatif bagi kesehatan.

Melansir dari Healthline, inilah efek samping terlalu banyak minum teh yang perlu Anda ketahui:

1. Mengurangi penyerapan zat besi

Teh mengandung tanin yang dapat mengikat zat besi dari makanan dan menghambat penyerapan di saluran pencernaan. Hal ini lebih berpengaruh pada orang yang memiliki kadar zat besi rendah, terutama mereka yang menjalani diet vegan atau vegetarian.

Ini karena tanin lebih efektif menghambat penyerapan zat besi dari sumber nabati. Untuk mengurangi dampaknya, minumlah teh di antara waktu makan dan batasi asupan hingga 3 cangkir per hari.

Baca Juga: Lebih Sehat Air Galon atau Air Rebusan? Cek Jawabannya di Sini

2. Meningkatkan kecemasan dan stres

Teh mengandung kafein, yang jika dikonsumsi berlebihan dapat memicu perasaan cemas, stres, dan gelisah. Meskipun kafein dalam jumlah kecil dapat meningkatkan kewaspadaan, terlalu banyak kafein bisa berdampak negatif.

Jika merasa gelisah, cobalah mengurangi konsumsi teh atau beralih ke teh herbal bebas kafein.

3. Kurang tidur

Kafein dalam teh dapat mengganggu siklus tidur dengan menghambat produksi melatonin, hormon yang membantu mengatur tidur. Kurang tidur kronis dapat mempengaruhi kesehatan mental dan fisik.

Untuk menjaga kualitas tidur, hindari teh berkafein beberapa jam sebelum tidur atau beralih ke teh bebas kafein.

4. Mual

Tanin dalam teh dapat mengiritasi lambung dan menyebabkan mual, terutama jika diminum dalam jumlah besar atau saat perut kosong. Untuk menghindari hal ini, cobalah mengonsumsi teh bersama makanan atau tambahkan sedikit susu untuk mengurangi efek iritasi tanin.

Baca Juga: Ketahui Bahaya Mikroplastik bagi Kesehatan dan Tips Meminimalisir Paparannya

5. Mulas

Kafein dalam teh dapat menyebabkan mulas atau memperburuk gejala refluks asam dengan melemaskan otot yang memisahkan kerongkongan dari lambung, sehingga asam lambung lebih mudah naik.

Jika sering mengalami mulas setelah minum teh, pertimbangkan untuk mengurangi asupannya.

6. Komplikasi kehamilan

Kadar kafein yang tinggi selama kehamilan dapat meningkatkan risiko komplikasi seperti keguguran atau berat badan lahir rendah. Batas aman kafein untuk ibu hamil adalah sekitar 200 mg per hari.

Jadi, sebaiknya batasi asupan teh hingga 3 cangkir per hari atau beralih ke teh herbal yang aman selama kehamilan.

7. Sakit kepala

Meskipun kafein dapat membantu meredakan sakit kepala dalam dosis kecil, konsumsi berlebihan bisa menyebabkan sakit kepala berulang. Jika Anda mengalami sakit kepala kronis, coba kurangi konsumsi teh untuk melihat apakah gejalanya membaik.

Baca Juga: 9 Pilihan Buah yang Bagus untuk Diet Menurunkan Berat Badan, Coba Yuk!

8. Pusing

Terlalu banyak kafein dari teh dapat menyebabkan pusing, terutama jika Anda minum lebih dari 6-12 cangkir teh per hari. Jika sering merasa pusing setelah minum teh, cobalah mengurangi jumlahnya atau beralih ke teh dengan kandungan kafein yang lebih rendah.

9. Ketergantungan kafein

Kafein dalam teh dapat menyebabkan ketergantungan jika dikonsumsi secara teratur. Gejala ketergantungan kafein meliputi sakit kepala, kelelahan, dan mudah marah.

Untuk mengurangi risiko ketergantungan, kurangi konsumsi teh secara bertahap jika merasa mulai bergantung pada kafein.

Itulah beberapa efek samping terlalu banyak minum teh. Semoga informasi ini bermanfaat, ya.

Selanjutnya: Badan Bank Tanah Sediakan HPL, Dukung Investasi Industri Sapi Perah di Poso

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News