Keluarga

8 Makanan yang Bisa Hentikan Kecanduan Merokok dan Efek Sampingnya

8 Makanan yang Bisa Hentikan Kecanduan Merokok dan Efek Sampingnya

MOMSMONEY.ID - Berhenti merokok saat tengah kecanduan menyebabkan banyak efek samping yang mungkin bisa saja terjadi pada tubuhmu.

Namun, apabila Anda rutin mengonsumsi beberapa makanan berikut ini, maka efek samping dari berhenti merokok akan bisa diminimalisir.

Coklat hitam

Coklat hitam adalah salah satu jenis makanan yang bisa hentikan kecanduan merokok. Hal ini disebabkan coklat hitam kaya akan antioksidan & bisa memberikan perasaan ‘high’ yang ringan, mirip dengan ketika Anda tengah merokok.

Makanan ini mengandung senyawa theobromine & phenylethylamine yang bisa tingkatkan mood jadi lebih baik.

Baca Juga: Penelitian Terbaru: Semakin Dini Usia Merokok, Semakin Tinggi Ketergantungan Nikotin

Makanan pedas

Jalapeno

Makanan pedas seperti cabai yang mengandung capcaisin, memiliki senyawa yang memicu pelepasan hormon kebahagiaan “endorfin”.

Mengonsumsi makanan pedas secara rutin juga dapat memberikan sensasi rasa “high” secara alami seperti sedang kecanduan rokok. Makanan pedas juga dapat mengalihkan perhatian dari kecanduan nikotin, dikutip Pulse Nigeria.

Ginseng

Teh ginseng

Baca Juga: 6 Makanan Perangsang Hormon Dopamin, Bikin Suasana Hati Bahagia

Gingseng dapat mengurangi kecanduan rokok, sebab penelitian yang dilansir melalui Limerick Live menunjukkan bahwa gingseng bisa mengurangi efek nikotin yang kuat.

Dengan melemahkan efek nikotin yang bikin candu, ini bisa menurunkan kepuasan seseorang saat merokok.

Untuk menurunkan efek sampingnya, teh ginseng menjadi solusi ampuh tanpa membuat efek samping dari berhenti merokok terjadi.

Berhenti dari kecanduan merokok

Gandum berserat tinggi

Efek samping yang umum terjadi saat berhenti merokok biasanya nafsu makan akan meningkat sementara waktu. Maka makanan berserat tinggi seperti roti gandum, sereal, atau nasi merah dapat mengendalikan nafsu makan sekaligus hentikan kecanduan merokok.

Baca Juga: Gampang, Ini 4 Cara Atasi Wajah Bengkak Saat Bangun Tidur di Pagi Hari

Pisang

Buah pisang

Pisang adalah makanan yang bisa hentikan kecanduan rokok. Karena secara alami, pisang mengandung Vitamin B6 & Dopamin yang dapat meningkatkan perasaan bahagia, terutama ketika Anda telah benar-benar kecanduan merokok.

Baca Juga: 4 Pemicu Penuaan Dini di Kulit, Salah Satunya Paparan Sinar Matahari

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan seperti almond, kenari, dan biji rami, mengandung asam lemak omega-3 & magnesium.

Kedua nutrisi ini diketahui dapat mendukung kesehatan otak & meningkatkan mood. Selain itu, bisa membantu mengurangi stres & kecemasan akibat berhenti merokok, dikutip dari Fakaza News.

Teh hijau

Teh hijau

Teh hijau diketahui mengandung antioksidan & asam amino L-theanine yang bisa meningkatkan daya fokus & menambah rasa santai pada tubuh.

Teh hijau penting untuk dikonsumsi, terutama ketika Anda yang kecanduan merokok tengah belajar untuk berhenti merokok.

Baca Juga: Green Tea vs Matcha, Sama atau Berbeda?

Minum teh hijau secara rutin dapat menenangkan pikiran & tubuh, serta mengurangi stres dan kecemasan yang merupakan efek samping saat berhenti merokok.

Greek Yogurt

Greek yogurt kaya akan protein & probiotik yang dapat mendukung kesehatan tubuh secara keseluruhan. Protein di dalamnya juga membantu Anda tetap merasa kenyang, mengurangi keinginan untuk ngemil akibat mulut yang terbiasa merokok.

Itu dia berbagai jenis makanan yang ampuh untuk hentikan kecanduan merokok beserta efek samping yang ditimbulkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News