Santai

4 Pemicu Penuaan Dini di Kulit, Salah Satunya Paparan Sinar Matahari

4 Pemicu Penuaan Dini di Kulit, Salah Satunya Paparan Sinar Matahari

MOMSMONEY.ID - Ketahui beberapa faktor utama yang bisa memicu penuaan dini pada kesehatan kulit berikut ini.

Kulit merupakan bagian dari tubuh yang kerap bersentuhan langsung dengan paparan sinar matahari dan debu.

Tak hanya itu, kulit juga merupakan bagian tubuh yang akan menua seiring dengan pertambahan umur manusia.

Namun, tak semua orang mengalami penuaan kulit pada waktunya. Ada juga beberapa orang yang mengalami penuaan dini dan terlihat pada kulitnya.

Lalu apakah yang menyebabkan seseorang bisa mengalami penuaan kulit secara dini? Berikut ini adalah beberapa faktor dan penjelasan singkatnya.

Baca Juga: Jangan Salah, Ini 6 Step Skincare Pagi Sebelum Pakai Make Up

Gen

Faktor utama yang menjadi penyebab penuaan dini pada kulit adalah adanya faktor dari gen bawaan. Laman Health Line menjelaskan bahwa ada kondisi bawaan gen khusus yang membuat seseorang mengalami penuaan dini.

Seperti salah satunya adalah kondisi yang disebut dengan progeria. Kondisi tersebut mulai muncul ketika seorang anak mulai memasuki masa puber. Di mana tanda penuaan seperti kulit keriput, rambut beruban dan kebotakan bisa muncul.

Merokok

Penyebab lain yang juga menjadi penyebab seseorang mengalami penuaan dini adalah karena merokok. Rokok mengandung banyak zat berbahaya yang mengancam kesehatan kulit.

Zat-zat berbahaya pada rokok tersebut bersentuhan langsung dengan langsung dan menyebabkan kulit mendapatkan efek stres. Hal tersebut kemudian menyebabkan kulit terlihat menjadi lebih kering, keriput dan muncul banyak tanda penuaan kulit lainnya.

Baca Juga: Apakah Spearmint Tea Bisa Mengobati Jerawat? Ini Jawabannya

Gaya hidup tidak sehat

Faktor selanjutnya yang juga berperan menjadi penyebab terjadinya penuaan dini adalah gaya hidup tidak sehat. Tidak menjaga kelembapan kulit, stres, dan kurang tidur merupakan faktor gaya hidup yang mempengaruhi kesehatan kulit.

Kulit yang tidak mendapatkan perhatian ekstra juga akan merasakan stres yang akhirnya membuatnya menjadi kehilangan elastisitasnya. Sehingga penuaan dini pun bisa saja terjadi di usia muda.

Paparan sinar matahari

Radiasi sinar matahari juga memiliki efek buruk bagi kesehatan kulit. Sinar matahari mengandung sinar UV yang bisa merusak kulit dan menyebabkan munculnya tanda-tanda penuaan.

Laman Everyday Health juga bahkan menjelaskan bahwa sinar UV merupakan faktor tinggi yang menyebabkan risiko penuaan dini.

Maka dari itu, penting untuk selalu menggunakan sunscreen baik di dalam rumah maupun saat pergi ke luar rumah agar terhindar dari sinar UV yang merusak kulit.

Nah, itulah tadi beberapa faktor penyebab yang menjadi pemicu penuaan dini pada kulit. Mulai jadikan perhatikan, ya!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News