Keluarga

6 Makanan Perangsang Hormon Dopamin, Bikin Suasana Hati Bahagia

6 Makanan Perangsang Hormon Dopamin, Bikin Suasana Hati Bahagia

MOMSMONEY.ID - Meningkatkan suasana hati ternyata bisa dilakukan dengan mudah, salah satunya dengan mengonsumsi beberapa makanan yang dapat merangsang pertumbuhan hormon dopamin!

Dopamin adalah hormon sekaligus neurotransmitter yang mengirimkan sinyal ke sel saraf di otak dan seluruh tubuh untuk memengaruhi mood, terutama rasa gembira, menurut hone health.

Hormon ini diproduksi pada kelenjar adrenal tubuh & berkontribusi erat pada pergerakan, memori, suasana hati, perilaku, gairah, dan lain-lain. 

Baca Juga: 6 Jenis Olahraga Terbaik yang Dapat Redakan Gejala Anxiety dan Depresi

Otak kita dirancang untuk melepaskan dopamin yang bertujuan meningkatkan motivasi untuk keberlangsungan hidup, misalnya, makan, menyelesaikan tugas, atau memenangkan kompetisi.

Sayangnya, banyak orang yang keliru dan malah membutuhkan pelepasan dopamin secara “cepat” mulai dari mengonsumsi alkohol, junk food, nikotin, hingga seks.

Supaya tubuh dapat melepaskan hormon dopamin secara sehat, berikut ini ada beberapa makanan perangsang hormon dopamin. Dilansir dari NDTV dan Times of India, selengkapnya.

Baca Juga: Terlalu Sering Main Sosmed Bisa Perburuk Anxiety, Simak 3 Trigger Anxiety Lainnya

Jamur

Jamur merupakan sumber vitamin D yang dikenal sebagai nutrisi antidepresan. Vitamin D memainkan peran penting dalam mengatur mood yang berkaitan dengan hormon serotonin & dopamin.

Ikan

Ikan merupakan salah satu makanan perangsang hormon dopamin yang kaya akan protein & berbagai asam amino. Menurut penelitian, asam amino terbukti membantu produksi hormon dopamin dalam tubuh.

Baca Juga: Dianjurkan Para Ahli, Ternyata Ini 6 Manfaat Melamun Selama 10 Menit Setiap Hari

Hormon dopamin membuat bahagia

Ayam & bebek

Unggas, seperti ayam dan bebek, juga tinggi akan protein & asam amino. Selain berfungsi meningkatkan dopamin, asam amino juga dapat meningkatkan nafsu makan, sehingga baik dikonsumsi untuk anak yang susah makan.

Alpukat

Selain enak, alpukat juga kaya akan nutrisi seperti vitamin B3 & asam lemak omega-3 yang memproduksi dopamin & serotonin.

Baca Juga: Mudah Stres Karena Hal Sepele? Tiru 7 Cara Mengelola Stres Sehari-hari

Stroberi

Stroberi

Tak cuma meningkatkan hormon dopamin, buah stroberi juga meningkatkan produksi serotonin yang membuat mood lebih bahagia.

Stroberi adalah buah sumber antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari pengaruh radikal yang meningkatkn kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Sayuran berdaun hijau

Selada, bayam, kangkung, brokoli, hingga kembang kol adalah deretan sayuran berdaun hijau yang memperkuat hormon dopamin dalam tubuh.

Maka tak heran apabila rutin mengonsumsi sayur-sayuran ini, tubuh akan menjadi sehat & mood terasa lebih bahagia.

Baca Juga: 6 Tips Atasi Rasa Cemas Menjelang Ujian untuk Pelajar, Mahasiswa, hingga Pekerja

Makanan lainnya

Ada sederet makanan lain yang turut serta merangsang produksi hormon dopamin, di antaranya:

  • Cokelat hitam (70% kakao)
  • Susu, yogurt, dan keju
  • Salmon, makarel
  • Telur
  • Kacang-kacangan
  • Tomat ceri
  • Gandum

Makanan penurun tingkat dopamin

stres

Ternyata, hormon dopamin dalam tubuh juga bisa menurun apabila salah mengonsumsi makanan, lho!

Berdasarkan beberapa penelitian sebelumnya yang dikutip dari Hone Health, mengonsumsi lemak jenuh tingkat tinggi seperti mentega, minyak kelapa, sosis, dan bacon dapat mengurangi kadar dopamin.

Sayangnya, penelitian ini baru hanya dilakukan kepada hewan, belum kepada manusia. Penelitian kepada manusia harus dilakukan untuk lebih lanjut.

Itulah berbagai makanan yang dapat meningkatkan dan mengurangi hormon dopamin dalam tubuh. Jika ingin lebih bahagia, pastikan mengonsumsi deretan makanan di atas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News