Bugar

6 Tips Pakai Skincare agar Kulit Awet Muda, Anda Harus Tahu

6 Tips Pakai Skincare agar Kulit Awet Muda, Anda Harus Tahu

MOMSMONEY.ID - Mau kulit terus awet muda? Begini tips pakai skincare agar kulit awet muda yang dapat Anda terapkan!

Memiliki kulit yang sehat dan awet muda adalah impian banyak orang. Seiring bertambahnya usia, kulit kita mulai kehilangan elastisitas dan kecerahannya, sehingga penting untuk merawatnya dengan benar.

Selain menjaga pola hidup sehat, penggunaan produk skincare yang tepat dapat membantu menjaga kulit tetap segar, kencang, dan bercahaya.

Melansir dari Healthline, inilah beberapa tips pakai skincare agar kulit awet muda:

1. Gunakan pembersih wajah yang lembut

Membersihkan wajah sangat penting untuk menghilangkan makeup, minyak, polusi, dan bakteri yang menumpuk sepanjang hari. Pembersihan yang tepat juga memastikan produk skincare dapat bekerja lebih efektif.

Pastikan Anda menggunakan pembersih yang lembut untuk menjaga keseimbangan kulit dan melindunginya dari iritasi serta dehidrasi.

Hindari pembersih dengan pH tinggi atau bahan seperti sodium lauryl sulfate karena dapat membuat kulit lebih rentan terhadap kerusakan. Gunakan pembersih dengan pH rendah untuk menjaga kesehatan kulit.

Baca Juga: 21 Buah Terbaik biar Kulit Glowing dan Awet Muda, Inilah Daftarnya

2. Aplikasikan toner

Toner dulunya digunakan untuk mengembalikan pH kulit setelah menggunakan pembersih dengan pH tinggi. Namun, jika Anda sudah menggunakan pembersih dengan pH rendah, toner mungkin tidak diperlukan lagi. Lebih baik mencegah kerusakan kulit sejak awal daripada mencoba memperbaikinya.

3. Eksfoliasi kulit secara teratur

Seiring bertambahnya usia, pergantian sel kulit melambat, sehingga membuat kulit terlihat kusam. Eksfoliasi secara teratur dapat membantu mengangkat sel kulit mati dan menjaga kulit tetap segar.

Hindari eksfoliasi fisik yang terlalu kasar, seperti scrub gula, dan pilih alat yang lebih lembut seperti spons konjak.

Eksfoliasi kimia menggunakan bahan seperti AHA (asam alfa-hidroksi) juga dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati dan meremajakan kulit.

Baca Juga: 13 Makanan yang Tidak Bagus untuk Kulit Anda, Bikin Rentan Jerawatan

4. Gunakan serum anti-aging dengan lembut

Serum mengandung bahan aktif dengan konsentrasi tinggi, sehingga sangat efektif dalam melawan tanda-tanda penuaan.

Serum anti-aging yang baik biasanya mengandung retinoid (turunan vitamin A) atau vitamin C, yang membantu meningkatkan produksi kolagen dan melawan radikal bebas.

Ketika mengaplikasikan serum, tepuk-tepuk dengan lembut ke kulit, hindari menggosok terlalu keras.

5. Melembapkan secara rutin

Seiring bertambahnya usia, produksi minyak alami kulit berkurang, sehingga membuat kulit lebih mudah kering. Pelembap membantu menjaga hidrasi kulit dan mencegah munculnya garis-garis halus.

Carilah pelembap yang mengandung bahan pengikat air seperti gliserin atau asam hialuronat. Gunakan oklusif seperti petroleum jelly atau minyak mineral di malam hari untuk mengunci kelembapan di kulit Anda.

Baca Juga: Ini Dia Penyakit Akibat Malas Gerak yang Harus Anda Waspadai

6. Selalu gunakan tabir surya

Paparan sinar matahari adalah penyebab utama penuaan dini. Sinar UV dapat merusak kolagen dan elastin, menyebabkan kerutan dan bintik-bintik penuaan.

Gunakan tabir surya dengan SPF minimal 30 setiap hari, bahkan saat cuaca mendung. Tabir surya dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV dan membantu memperbaiki tekstur serta meratakan warna kulit.

Selain itu, hindari paparan sinar matahari langsung, dan gunakan pakaian pelindung untuk menjaga kulit tetap sehat.

Itulah beberapa tips pakai skincare agar kulit awet muda yang dapat Anda terapkan. Semoga bermanfaat, ya.

Tonton: 6 Aturan Diet ala Orang Jepang Tanpa Menyiksa Tubuh, Penuh Gizi dan Tak Bikin Lapar

Selanjutnya: Pupuk Kaltim Dukung Pengembangan Inovasi dan Penelitian Akademis di UGM

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News