Bugar

Bikin Kulit Awet Muda, Ini 9 Makanan yang Membantu Tubuh Memproduksi Kolagen

Bikin Kulit Awet Muda, Ini 9 Makanan yang Membantu Tubuh Memproduksi Kolagen

MOMSMONEY.ID - Seiring bertambahnya usia, produksi kolagen alami tubuh berkurang, yang menyebabkan munculnya keriput dan kulit kendur. Namun, ada sejumlah makanan yang membantu tubuh memproduksi kolagen. Apa saja?

Kolagen adalah protein yang vital dalam menjaga kesehatan kulit, memberikan kekenyalan, kelembapan, dan elastisitas yang membantu kulit tampak lebih muda. Bersumber dari laman Healthline, di bawah ini adalah 9 makanan yang membantu tubuh memproduksi kolagen:

1. Ayam

Ayam adalah sumber kolagen yang baik karena mengandung banyak jaringan ikat. Penelitian pada tahun 2022 menunjukkan bahwa tulang ayam dan tulang rawan dapat digunakan sebagai sumber kolagen untuk membantu meringankan gejala seperti radang sendi. Kandungan kolagen lebih tinggi ditemukan di bagian paha dibandingkan dada ayam.

Baca Juga: Yoga untuk Mengatasi Stres, Simak Rekomendasi Pose dan Tips Melakukannya

2. Ikan

Kolagen yang berasal dari laut, seperti yang terdapat pada ikan, dianggap lebih mudah diserap oleh tubuh. Studi pada tahun 2023 menyebutkan bahwa kolagen jenis ini sangat efektif untuk kesehatan dan elastisitas kulit.

3. Telur

Telur, khususnya putih telurnya, mengandung asam amino prolin yang diperlukan untuk produksi kolagen, meskipun telur tidak memiliki jaringan ikat seperti sumber hewani lainnya.

4. Buah Jeruk dan Berries

Buah jeruk dan berries kaya akan vitamin C, sebuah komponen kunci dalam produksi pro-kolagen, yang merupakan prekursor dari kolagen. Buah-buahan ini juga tinggi antioksidan yang melindungi kulit dari kerusakan.

Baca Juga: 5 Makanan Pembakar Lemak Paling Ampuh Turunkan Berat Badan, Wajib Coba!

5. Buah-buahan Tropis

Buah tropis seperti mangga, kiwi, nanas, dan jambu biji kaya akan vitamin C. Jambu biji juga mengandung sedikit seng, yang berperan dalam produksi kolagen.

6. Bawang Putih

Bawang putih kaya sulfur, mineral yang mendukung sintesis kolagen dan membantu mencegah degradasi kolagen. Penting untuk mengonsumsi dalam jumlah yang cukup untuk merasakan manfaatnya. Namun, konsumsi berlebihan bawang putih dapat menimbulkan efek samping seperti mulas atau sakit perut.

7. Sayuran Hijau

Sayuran hijau seperti bayam dan kale mengandung klorofil yang telah terbukti meningkatkan prekursor kolagen di kulit.

Baca Juga: 6 Minuman Penghancur Lemak Tubuh yang Cocok untuk Diet, Cek di Sini!

8. Kacang dan Kacang Mete

Kacang adalah sumber protein yang kaya akan lisin dan banyak mengandung tembaga, yang diperlukan untuk sintesis kolagen. Kacang mete khususnya, adalah sumber baik dari zat-zat yang mendukung pembuatan kolagen.

9. Tomat dan Paprika

Tomat adalah sumber vitamin C dan likopen yang bagus, sedangkan paprika kaya akan vitamin C dan capsaicin, yang memiliki sifat anti-inflamasi yang mungkin membantu mengurangi degradasi kolagen.

Demikianlah daftar makanan yang membantu tubuh memproduksi kolagen. Semoga bermanfaat, ya.

Selanjutnya: Es Krim Aice Beli 1 Gratis 1, Cek Promo Indomaret Ice Cream Fair Periode Juli 2024

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News