Keluarga

Direkomendasikan Para Dokter Kecantikan, Inilah 7 Makanan yang Bikin Kulit Awet Muda

Direkomendasikan Para Dokter Kecantikan, Inilah 7 Makanan yang Bikin Kulit Awet Muda

MOMSMONEY.ID - Kulit awet muda dan terawat bukan hanya didapatkan dari perawatan luar, tapi juga dari makanan yang dikonsumsi.

Supaya kulit tetap awet muda, para ahli telah menyarankan beberapa jenis makanan yang wajib dikonsumsi. Mari intip apa saja yang disarankan, ini dia.

Teh hijau

Teh hijau memiliki kandungan antioksidan super tinggi bernama “polifenol” yang dapat membantu melawan radikal bebas.

Baca Juga: Apa Itu Microneedling? Ini 5 Manfaat Microneedling untuk Kulit

Radikal bebas sendiri terbentuk dari respons eksternal seperti sinar UV maupun asap tembakau. Jika jumlahnya sangat tinggi, maka radikal bebas berpotensi merusak sel tubuh.

Agar mengurangi radikal bebas dalam tubuh, maka sebaiknya rutin konsumsi makanan/minuman yang mengandung antioksidan tinggi seperti teh hijau yang akan membantu kulit tampak awet muda.

Paprika merah

Paprika

Melansir dari Healthline, paprika merah kaya akan antioksidan “karotenoid” yang berperan penting sebagai anti aging. Vitamin C yang tinggi di dalamnya juga membantu produksi kolagen semakin meningkat.

Antioksidan “karotenoid” dalam paprika memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari hingga polusi.

Rutin mengonsumsi paprika membantu kulit tampak awet muda.

Baca Juga: 4 Cara Mudah Menghilangkan Double Chin di Wajah, Lakukan Rutin

Alpukat

Jus Alpukat

Penelitian yang dikutip melalui Very Well Health mengungkapkan bahwa makan alpukat menawarkan manfaat anti aging. Sehingga jika rutin dikonsumsi dalam jangka panjang, maka akan membuat wajah dan kulit tampak awet muda.

Sebuah penelitian kecil yang diterbitkan Journal of Cosmetic Dermatology menunjukkan bahwa wanita yang makan alpukat setiap hari selama 8 minggu mengalami peningkatan elastisitas & kekencangan kulit.

Para peneliti juga menemukan bahwa makanan yang kaya akan lemak tak jenuh tunggal & antioksidan karotenoid dapat membuat kulit tampak lebih muda.

Baca Juga: 6 Alasan Ilmiah Mengapa Cokelat Baik Bagi Kesehatan Tubuh, Terbukti Lewat Penelitian

Tomat

Tomat

Tomat mengandung vitamin C & antioksidan yang akan membuat kulit tampak awet muda.

Bahkan sebuah penelitian pada tahun 2001 menemukan bahwa mengonsumsi pasta tomat membantu kulit lebih tahan terhadap kerusakan akibat sinar UV matahari.

“Setelah tiga bulan, orang-orang menjadi lebih tahan terhadap sengatan matahari,” ucap Rajani Katta, MD, seorang dokter kulit bersertifikat, dikutip melalui Very Well Health.

Baca Juga: Kulit Jadi Gampang Cerah, Ini 5 Manfaat Menggunakan Serum Vitamin C di Pagi Hari

Blueberry

Blueberry kaya akan vitamin A, C, serta antioksidan bernama “antosianin”. Antosianin inilah yang membuat blueberry jadi berwarna biru keunguan.

Antioksidan kuat ini dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari, stres, dan polusi dengan cara mencegah hilangnya kolagen. Dengan begitu, maka kulit tampak awet muda.

Bayam

Bayam

Siapa sangka, bayam dapat membantu kulit tampak awet muda karena konsentrasinya yang tinggi terhadap vitamin C & K yang dapat membantu pembentukan kolagen, menjaga kekenyalan, dan kekencangan kulit, mengutip dari Aayna Clinic.

Sayuran hijau ini menghidrasi juga mengandung seng, zat besi, lutein, magnesium, dan vitamin A serta C yang mendukung pembaruan & oksigenasi kulit.

Mengonsumsi bayam secara rutin dapat mencegah timbulnya jerawat.

Baca Juga: 5 Ciri-Ciri Kulit Wajah Tidak Sehat dan Butuh Perawatan, Salah Satunya Terasa Kasar

Fatty fish

Fatty fish seperti salmon, sarden, makarel, hingga tuna mengandung asam lemak omega-3 yang bisa mengurangi tanda-tanda penuaan sekaligus mengurangi risiko penyakit jantung.

Mengonsumsi cukup protein tanpa lemak penting seiring bertambahnya usia, menurut Tallman. “Hilangnya massa otot adalah hal yang biasa terjadi selama proses penuaan, terutama ketika seseorang tidak mengonsumsi cukup protein dalam makanannya,” katanya.

Seluruh makanan di atas wajib Anda konsumsi rutin dalam jangka panjang agar bisa mendapatkan kulit yang tampak awet muda.

Selanjutnya: Reproduksi Sidat di Penangkaran, Tonggak JAPFA dalam Inovasi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News