Bugar

13 Makanan yang Tidak Bagus untuk Kulit Anda, Bikin Rentan Jerawatan

13 Makanan yang Tidak Bagus untuk Kulit Anda, Bikin Rentan Jerawatan

MOMSMONEY.ID - Anda perlu tahu! Rupanya ada beberapa makanan yang tidak bagus untuk kulit Anda, lho. Apa saja?

Kondisi kulit kita sering kali mencerminkan kesehatan kita secara keseluruhan. Meskipun banyak faktor yang memengaruhi kesehatan kulit, seperti pola tidur dan kebersihan, makanan yang kita konsumsi juga memiliki peran penting.

Beberapa jenis makanan dapat memperburuk kondisi kulit dan membuatnya lebih rentan terhadap masalah seperti jerawat.

Melansir dari laman Live Strong, inilah beberapa makanan yang tidak bagus untik kulit Anda dan sebaiknya batasi konsumsinya:

1. Permen

Mengonsumsi permen dalam jumlah besar bisa meningkatkan gula darah Anda, yang memicu tubuh melepaskan hormon IGF-1. Hormon ini merangsang kelenjar minyak dan bisa menyebabkan jerawat jika produksi minyak berlebihan.

Baca Juga: Apa Saja Jenis Makanan Tinggi Purin? Penderita Asam Urat Hindari Makanan Ini, ya!

2. Susu

Susu, terutama susu skim, bisa memicu jerawat pada beberapa orang karena juga merangsang pelepasan IGF-1. Namun, tidak semua orang terpengaruh dengan cara yang sama, dan produk susu lain, seperti yogurt tawar, mungkin tidak memberikan efek yang sama.

3. Daging merah

Daging merah kaya akan lemak jenuh yang dapat meningkatkan peradangan dalam tubuh. Peradangan ini berhubungan dengan berbagai masalah kulit seperti jerawat, eksim, dan psoriasis.

Baca Juga: 7 Manfaat Minum Air Kelapa untuk Tubuh, Salah Satunya Cegah Batu Ginjal

4. Sereal manis

Sereal manis memiliki kandungan gula tinggi yang dapat memicu produksi minyak berlebih di kulit. Selain itu, kelebihan gula dapat merusak kolagen, sehingga membuat kulit menjadi kurang kenyal dan lebih mudah berjerawat.

5. Daging olahan

Daging olahan seperti sosis dan ham mengandung garam dan lemak jenuh yang tinggi. Garam bisa menyebabkan dehidrasi dan kulit menjadi kering, sementara lemak jenuh memicu produksi minyak yang berlebihan.

6. Minuman manis

Minuman seperti soda dan jus kemasan penuh dengan gula tambahan yang dapat memicu lonjakan gula darah. Ini dapat menyebabkan kolagen kulit rusak dan memicu jerawat, serta mempercepat proses penuaan kulit.

Baca Juga: Manfaat Teh Hijau untuk Diet Menurunkan Berat Badan, Ulasan Lengkapnya di Sini

7. Minyak olahan

Minyak olahan seperti minyak jagung dan minyak kedelai mengandung omega-6 yang tinggi, yang bisa memicu peradangan. Selain itu, minyak ini sering kehilangan kandungan antioksidan selama proses pemurnian, sehingga tidak baik untuk kulit.

8. Makanan penutup dan kue kering

Makanan penutup yang manis memiliki efek yang sama dengan permen dalam memicu jerawat. Kadar gula yang tinggi dapat merusak keseimbangan minyak di kulit dan memperburuk kondisi kulit yang rentan berjerawat.

9. Makanan gorengan

Makanan yang digoreng sering kali dimasak dalam minyak olahan yang tinggi omega-6. Ini bisa memicu peradangan yang dapat memperburuk masalah kulit, seperti jerawat dan kondisi kulit lainnya.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Pengganti Santan untuk Diet, Cek Ada Apa Saja!

10. Yogurt rasa

Yogurt yang diberi tambahan rasa sering kali mengandung gula tambahan, yang dapat meningkatkan gula darah dan merangsang produksi IGF-1. Hal ini dapat memicu jerawat, berbeda dengan yogurt tawar yang lebih aman untuk kulit.

11. Roti putih

Roti putih merupakan karbohidrat olahan yang cepat dicerna tubuh, sehingga menyebabkan lonjakan gula darah. Gula darah yang tinggi bisa memicu jerawat dan mempercepat proses penuaan kulit.

12. Alkohol

Alkohol dapat memicu peradangan di tubuh dan mengurangi kelembapan kulit, sehingga membuatnya lebih rentan terhadap masalah kulit seperti jerawat. Selain itu, campuran alkohol dengan minuman manis dapat memperburuk dampaknya pada kulit.

Baca Juga: Daun Sirih Bisa Obati Penyakit Apa Saja? Simak Ulasannya di Sini, yuk!

13. Beras putih

Beras putih cepat menaikkan gula darah dan merangsang produksi minyak di kulit, yang dapat menyebabkan jerawat. Konsumsi beras putih yang berlebihan juga dikaitkan dengan peningkatan risiko diabetes tipe 2.

Nah, itulah beberapa makanan yang tidak bagus untuk kulit Anda dan sebaiknya batasi konsumsinya. Semoga bermanfaat, ya.

Tonton: 9 Tanda Diabetes yang Bisa Muncul pada Kulit, Jarang Diketahui

Selanjutnya: Serikat Pekerja Bakal Gelar Demo Pekan Depan, Ini Tuntutannya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News