Keluarga

5 Penyebab Anak Suka Ngambek, Orang Tua Harus Tahu!

5 Penyebab Anak Suka Ngambek, Orang Tua Harus Tahu!

MOMSMONEY.ID - Inilah 5 penyebab anak suka ngambek yang harus diketahui oleh para orang tua.

Ngambek atau merajuk merupakan salah satu perilaku yang lekat dengan diri anak-anak. Kebiasaan ngambek dapat terjadi saat anak sedang tidak baik suasanya hatinya.

Perilaku ngambek kerap anak lakukan untuk menunjukkan beberapa tanggapan negatifnya terhadap lingkungan sekitar atau menunjukkan bahwa mereka sedang marah, merasa tidak sedang, dan frustasi.

Pada beberapa anak, kebiasaan ngambek bahkan bisa menjadi gejala kepribadian yang signifikan dan gangguan mood.

Moms, jika Anda sering bertanya pada diri sendiri mengapa anak Anda sering ngambek, berikut MomsMoney uraikan 5 penyebab anak suka ngambek, sebagaimana dilansir dari Firstcry Parenting:

Baca Juga: 4 Kesalahan Parenting Anak Remaja yang Sering Dilakukan Orang Tua

1. Anak belum mampu mengekspresikan perasaannya melalui kata-kata

Penyebab anak suka ngambek yang pertama yaitu anak belum mampu mengekspresikan perasaannya melalui kata-kata.

Anak-anak terutama yang masih sangat kecil belumlah mahir untuk mengungkapkan perasaan tidak senang atau frustasinya menggunakan kata-kata layaknya orang dewasa.

Jadi, jangan heran saat anak-anak Anda sering ngambek, karena bagi mereka ngambek adalah salah satu cara yang mereka ketahui untuk mengekspresikan kemelut dalam dirinya.

2. Anak kurang kecerdasan emosional

Penyebab anak suka ngambek yang kedua yaitu anak kurang kecerdasan emosional.

Kebanyakan anak tidak dapat mengungkapkan perasaan negatif mereka dengan cara yang normal dan sehat karena mereka kurang memiliki kecerdasan emosional.

Tidak hanya terlihat pada anak-anak yang masih kecil, kecerdasan emosional yang kurang juga dapat dimiliki oleh remaja sehingga remaja yang termasuk dalam kategori ini akan lebih memilih untuk ngambek daripada berkomunikasi dengan baik saat mereka mengalami perasaan tidak menyenangkan.

Bahkan, tak jarang mereka akan ngambek tanpa alasan karena tidak dapat mengenali perasaan negatif mereka sendiri.

3. Anak takut berkomunikasi

Penyebab anak suka ngambek yang ketiga yaitu anak takut berkomunikasi.

Sekali pun anak tahu bagaimana cara mengekspresikan perasaan negatifnya melalui kata-kata, namun hal itu tidak menjamin mereka bisa leluasa mengungkapkannya pada Anda atau orang-orang di sekitarnya.

Beberapa anak yang tidak berani mengungkapkan apa yang mereka rasakan dapat disebabkan oleh rasa takut terhadap dampak yang mungkin mereka hadapi dari orang tua atau pengasuh yang ketat.

Jadi, satu-satunya cara yang bisa anak lakukan untuk mengekspresikan emosi negatifnya adalah dengan ngambek, karena ngambek terasa lebih aman bagi mereka daripada berkomunikasi secara sehat.

Baca Juga: 6 Cara Mengatasi Bayi Rewel saat Tumbuh Gigi, Tak Perlu Cemas Moms

4. Anak sedang mencoba memanipulasi

Penyebab anak suka ngambek yang keempat yaitu anak sedang mencoba memanipulasi.

Jika Anda adalah tipe orang tua yang paling tidak tahan melihat ekspresi sedih anak-anak dan kerap memenuhi segala permintaannya hanya karena tidak ingin mereka terus-menerus ngambek, maka waspadalah.

Tanpa sadar, sikap Anda yang demikian akan dijadikan sebagai alat yang ampuh bagi anak untuk mencapai tujuannya.

Secara alami, anak-anak kerap menjadikan kebiasaan ngambeknya sebagai metode yang efektif untuk memanipulasi Anda. Jadi, jangan buru-buru menindaklanjuti ambekan anak dengan serius karena bisa jadi mereka sedang merencanakan sesuatu supaya dapat berjalan sesuai dengan keinginan mereka.

5. Anak butuh perhatian

Penyebab anak suka ngambek yang kelima yaitu anak butuh perhatian.

Bagi kebanyakan anak, segala perhatian yang baik dan intens dari orang tua sangatlah berharga. Tak jarang, mereka kerap melakukan berbagai hal demi mendapatkan perhatian dari ayah atau ibunya. Dan, ngambek adalah salah satu cara yang menurut anak efektif untuk menarik perhatian Anda.

Selagi Anda sempat dan memiliki waktu yang banyak untuk meladeni perilaku ngambek anak, cobalah untuk bereaksi sewajarnya dan validasi ambekan mereka.

Dengan begini, rasa haus anak terhadap perhatian Anda akan berkurang meskipun cara yang mereka lakukan kurang menyenangkan.

Demikian 5 penyebab anak suka ngambek. Semoga bermanfaat dan bisa Anda jadikan sebagai acuan untuk menemukan solusi terbaik dalam mengatasi kebiasaan ngambek pada anak Anda, ya, Moms.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News