Bugar

Menelusuri Manfaat Olive Oil untuk Diet, Benarkah Bisa Menurunkan BB?

Menelusuri Manfaat Olive Oil untuk Diet, Benarkah Bisa Menurunkan BB?

MOMSMONEY.ID - Dikenal dengan kandungan lemak tak jenuhnya yang tinggi, olive oil sering dianggap sebagai pilihan minyak yang sehat. Seringkali minyak ini menjadi bagian dari diet penurunan berat badan. MomsMoney akan mengajak Anda menelusuri manfaat olive oil untuk diet pada kesempatan kali ini. Simak, ya!

Manfaat Olive Oil untuk Diet

Olive oil telah terbukti memberikan berbagai manfaat kesehatan dalam diet Mediterania yang kaya akan buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

Diet ini menekankan konsumsi ikan dan menjadikan olive oil sebagai sumber lemak utama, sekaligus membatasi konsumsi daging merah dan gula.

Melansir dari Healthline, kandungan asam lemak tak jenuh tunggal (MUFA) dalam olive oil, yang biasanya cair pada suhu kamar karena memiliki satu ikatan karbon tak jenuh, memainkan peran kunci dalam manfaat kesehatannya.

Studi telah menunjukkan bahwa mengganti lemak jenuh dengan MUFA bisa menghasilkan penurunan berat badan yang signifikan, meskipun kecil, terutama pada pria yang mengalami kelebihan berat badan atau obesitas, tanpa perlu mengubah asupan total lemak atau kalori secara drastis.

Baca Juga: 3 Resep Tahu Kukus untuk Diet yang Mudah dan Enak, Coba yuk!

Penelitian lebih lanjut menunjukkan bahwa lemak tak jenuh memiliki keunggulan dalam menjaga berat badan yang sehat. Lemak tak jenuh tunggal juga telah terbukti efektif dalam mencegah penambahan berat badan dan penumpukan lemak, berdasarkan studi pada hewan.

Selain itu, olive oil juga merupakan sumber trigliserida rantai menengah (MCT), yang telah banyak diteliti karena potensinya dalam membantu penurunan berat badan dan pemeliharaannya.

MCT adalah jenis trigliserida yang mengandung asam lemak dengan panjang rantai antara 6-12 atom karbon, yang dapat dipecah dan diserap dengan cepat oleh hati untuk dijadikan sumber energi.

Beberapa studi menunjukkan bahwa MCT dapat meningkatkan produksi hormon pengatur nafsu makan, seperti peptida YY, yang membantu meningkatkan perasaan kenyang.

Baca Juga: Catat, ya! Berikut 11 Obat Batuk Berdahak yang Alami dan Ampuh

Penelitian lain menemukan bahwa MCT dapat meningkatkan pembakaran kalori dan lemak dalam tubuh, meskipun efek ini bervariasi di antara penelitian yang berbeda.

Kesimpulannya, olive oil dan komponennya, termasuk MUFA dan MCT, memainkan peran penting dalam mendukung penurunan berat badan dalam kerangka diet yang sehat dan seimbang seperti diet Mediterania.

Bagaimana Cara Menggunakan Olive Oil untuk Diet?

Olive oil sering disebut-sebut memiliki kemampuan untuk mendukung penurunan berat badan, tetapi efektivitasnya sangat bergantung pada cara penggunaan dan takaran yang tepat.

Meski ada anggapan bahwa pijat menggunakan olive oil dapat mempercepat penurunan berat badan, namun klaim tersebut belum didukung oleh bukti ilmiah yang solid.

Baca Juga: Apakah Benar Bisa Mengalami Diare karena Asam Lambung Naik?

Sebuah klaim yang cukup populer lainnya adalah kombinasi olive oil dengan jus lemon yang diklaim dapat mempercepat penurunan berat badan.

Namun, klaim ini sering kali dikaitkan dengan penggunaan kombinasi tersebut sebagai detox yang menurunkan asupan kalori secara drastis, yang bisa mengakibatkan hilangnya lemak dan otot.

Dengan mengandung 119 kalori dan 13,5 gram lemak per sendok makan (15 mL), penggunaan olive oil sebaiknya diatur dengan cermat, terutama pada diet yang mengontrol kalori guna menghindari penambahan berat badan yang tidak diinginkan.

Studi-studi terbaru menunjukkan bahwa diet yang termasuk olive oil secara konsisten selama minimal 12 minggu dapat lebih efektif mengurangi berat badan dibandingkan dengan diet yang tidak mengikutsertakan olive oil.

Baca Juga: Menilik Manfaat Ubi Cilembu untuk Diet Turunkan Berat Badan

Olive oil juga bisa digunakan dalam berbagai cara yang menambah kelezatan dan kesehatan pada makanan, seperti sebagai dressing salad, bahan campuran dalam pasta atau sup, penyedap pada pizza atau sayuran, atau bahkan dalam pembuatan kue.

Demikianlah ulasan terkait manfaat olive oil untuk diet penurunan berat badan. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News