Bugar

Ampuh! Inilah Makanan Penurun Asam Lambung yang Bisa Anda Coba

Ampuh! Inilah Makanan Penurun Asam Lambung yang Bisa Anda Coba

MOMSMONEY.ID - Sejumlah makanan penurun asam lambung bisa Anda coba sebagai upaya untuk meredakan gejala yang timbul. Intip daftarnya di sini, yuk!

Asam lambung yang tinggi bisa menyebabkan berbagai keluhan tidak nyaman seperti heartburn, nyeri ulu hati, dan asam refluks. Makanan yang kita konsumsi memiliki pengaruh besar terhadap kadar asam lambung ini.

Oleh karena itu, memilih makanan yang tepat merupakan salah satu strategi efektif untuk mengontrol dan mengurangi gejala tersebut. Berikut adalah beberapa makanan penurun asam lambung yang bisa Anda coba:

1. Ikan

Ikan merupakan makanan yang sangat cocok untuk mengurangi asam lambung karena rendah asam dan lemak. Ikan seperti salmon, sarden, gurame, lele, dan tongkol adalah pilihan yang baik. Dianjurkan untuk mengolah ikan tanpa banyak bumbu pedas atau asam dan menghindari menggorengnya, yang bisa memicu asam lambung.

Baca Juga: Redakan Asam Lambung Naik Dengan 10 Cara Jitu Ini

2. Pisang

Pisang adalah pilihan buah yang ideal untuk penderita GERD karena kandungan asamnya yang rendah dan serat yang tinggi. Menyadur dari Alodokter, serat yang tinggi dapat memberikan rasa kenyang lebih lama, yang membantu menghindari konsumsi makanan berlebih yang bisa memicu peningkatan asam lambung.

Pisang juga mengandung kalium yang membantu meningkatkan produksi lendir di lambung serta melindungi dinding lambung dari asam berlebih.

3. Oatmeal

Sebagai sumber serat yang baik, oatmeal sangat efektif untuk mengurangi asam lambung. Oatmeal bisa menjadi pilihan sarapan yang baik yang mendukung kesehatan pencernaan.

Baca Juga: Menilik Manfaat Jus Alpukat untuk Asam Lambung yang Jarang Orang Tahu

4. Air Lemon dan Madu

Meskipun lemon bersifat asam, campuran kecil air lemon, air hangat, dan madu dapat menurunkan asam lambung karena bersifat basa. Ini membantu menetralkan efek asam. Madu menambahkan sifat antioksidan dan antiradang, yang mengurangi peradangan di esofagus yang sering terjadi akibat GERD.

5. Jahe

Jahe dikenal bisa mengurangi kemungkinan naiknya asam lambung dan mengurangi peradangan. Jahe bisa dikonsumsi dalam berbagai bentuk, seperti permen jahe, air jahe, atau jahe yang diseduh.

Baca Juga: Penderita Asam Urat Boleh Konsumsi Sayuran Hijau Ini, Cek Daftarnya!

6. Susu Rendah Lemak

Susu rendah lemak juga membantu menurunkan asam lambung. Pilih susu yang tidak tinggi lemak seperti susu kedelai, susu almond, susu kacang mede, susu macadamia, atau susu oat.

Itulah beberapa makanan penurun asam lambung yang bisa Anda coba. Mengonsumsi sayuran dan buah-buahan dengan kandungan asam rendah seperti brokoli, kembang kol, wortel, bit, ubi, selada, seledri, melon, dan semangka juga disarankan.

Memilih makanan yang tepat merupakan langkah penting dalam mengelola dan menurunkan asam lambung. Selain mengonsumsi makanan di atas, penting juga untuk menghindari makanan pemicu seperti makanan pedas, alkohol, dan kafein yang dapat memperburuk gejala.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News