Bugar

Ini 13 Minuman Herbal untuk Asam Lambung yang Bisa Anda Coba, Catat ya

Ini 13 Minuman Herbal untuk Asam Lambung yang Bisa Anda Coba, Catat ya

MOMSMONEY.ID - Asam lambung adalah kondisi yang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Salah satu cara untuk mengelola kondisi ini adalah dengan konsumsi minuman herbal untuk asam lambung.

Melansir dari laman Enesis, minuman herbal untuk asam lambung berikut ini bisa menjadi pilihan yang baik untuk membantu mengurangi gejala:

1. Jus lidah buaya

Dikenal untuk perawatan rambut, lidah buaya juga efektif sebagai jus untuk mengatasi asam lambung karena kandungan zat alkali dan air yang tinggi.

Baca Juga: 11 Daftar Minyak Rendah Kolesterol yang Menyehatkan, Cegah Kolesterol Tinggi

2. Teh adas

Teh yang dibuat dari tanaman adas ini mencegah naiknya asam lambung dan juga dapat mengurangi sembelit serta melancarkan pencernaan.

3. Madu

Menurut studi yang berjudul “Honey – A nutrient with medicinal property in reflux oesophagitis”, madu terbukti dapat mempercepat penyembuhan dan meningkatkan mukus di esofagus, sehingga membantu mengatasi kerusakan yang disebabkan oleh asam lambung.

Baca Juga: Aman dan Sehat, Ini Daftar Buah yang Boleh Dimakan Penderita Asam Lambung

4. Serai

Serai tidak hanya digunakan sebagai rempah dalam masakan tetapi juga efektif sebagai minuman herbal untuk asam lambung berkat kandungan antioksidan, vitamin C, A, zat besi, selenium, seng, dan magnesium yang dapat membantu mengurangi asam lambung.

5. Kurma

Buah kurma memiliki sifat basa yang bisa membantu mencegah naiknya asam lambung, membawa keseimbangan asam dalam lambung. Infused water kurma bisa dibuat dengan merendamnya dalam air matang semalaman.

Baca Juga: Hati-hati, Inilah Jenis Pisang yang Tidak Boleh untuk Penderita Asam Lambung

6. Daun kemangi

Selain sebagai lalapan, daun kemangi juga bisa dibuat menjadi minuman herbal untuk mengatasi asam lambung. Rebus 3-4 lembar daun kemangi untuk mendapatkan manfaatnya.

7. Daun mint

Riset yang diterbitkan oleh Thieme menunjukkan bahwa daun mint efektif mencegah gangguan pencernaan. Daun ini juga membantu melemaskan otot di kerongkongan, mencegah refluks, dan mengurangi produksi asam lambung berlebih.

Baca Juga: Ragam Manfaat Jinten untuk Kesehatan, Cegah Kanker dan Kontrol Kolesterol

8. Akar manis

Digunakan sebagai obat maag alami, akar manis membantu menahan asam lambung agar tidak naik ke kerongkongan dan meredakan peradangan.

9. Kunyit

Dikenal dalam pembuatan jamu, kunyit mengandung polifenol yang memiliki sifat antiradang, bermanfaat dalam meredakan nyeri yang disebabkan oleh asam lambung, sesuai dengan penelitian yang diterbitkan oleh International Journal of Molecular Sciences tahun 2019.

Baca Juga: Mengurangi Peradangan, Intip Khasiat Bengkuang untuk Asam Lambung!

10. Jahe merah

Jahe merah memiliki sifat gastroprotektif yang dapat membantu menekan infeksi bakteri Helicobacter pylori (H. pylori), penyebab utama naiknya asam lambung dan pembentukan ulkus.

11. Teh chamomile

Studi oleh Phytomedicine menunjukkan bahwa teh chamomile bisa digunakan sebagai obat herbal untuk mengatasi asam lambung berkat sifatnya yang menenangkan dan meredakan iritasi.

Baca Juga: Menilik Khasiat Madu untuk Asam Lambung serta Cara Konsumsinya

12. Cengkeh

Cengkeh mengandung senyawa karminatif yang membantu mengurangi pembentukan gas berlebih dalam pencernaan dan menurunkan kontraksi berlebih dari saluran cerna.

13. Teh hijau

Teh hijau, yang dapat diseduh dengan air hangat dan ditambahkan madu sebagai pemanis, mengandung zat antiinflamasi yang dapat mengurangi infeksi di lambung dan menurunkan produksi asam lambung.

Itulah beberapa minuman herbal untuk asam lambung yang bisa Anda coba. Namun, sebelum mencobanya, Anda tetap disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu, ya. Terlebih jika Anda sedang mengonsumsi obat-obatan dari dokter. 

Selanjutnya: Dilanda Aksi Profit Taking, Harga Emas Berpotensi Turun dalam Jangka Pendek

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News