Bugar

10 Makanan Terbaik untuk Mencegah Rambut Rontok, yuk Intip Daftarnya

10 Makanan Terbaik untuk Mencegah Rambut Rontok, yuk Intip Daftarnya

MOMSMONEY.ID - Rambut rontok bisa menjadi masalah yang mengganggu, terutama jika terjadi secara berlebihan. Untuk mengatasi ini, Anda dapat mengonsumsi sejumlah makanan terbaik untuk mencegah rambut rontok.

Melansir dari laman Klik Dokter, di bawah ini adalah beberapa makanan terbaik untuk mencegah rambut rontok yang dapat Anda coba:

1. Telur

Telur adalah sumber vitamin B dan biotin yang baik, yang sangat penting untuk pertumbuhan rambut dan kesehatan kulit kepala. Telur juga mengandung zat besi, zink, dan omega-6 yang mendukung pertumbuhan rambut.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Jus Penurun Gula Darah yang Ampuh, Anda Wajib Coba

2. Bayam

Bayam membantu mencegah rambut rontok karena kaya akan zat besi, beta-karoten, asam folat, dan vitamin C yang menjaga folikel rambut tetap sehat. Bayam juga mengandung omega-3, kalium, magnesium, dan kalsium yang bermanfaat untuk kesehatan kulit kepala.

3. Brokoli

Seperti bayam, brokoli adalah sumber yang sangat baik dari vitamin A dan C, yang keduanya membantu memproduksi sebum yang berfungsi sebagai kondisioner alami untuk rambut.

Baca Juga: 9 Olahraga Pembakar Kalori Paling Banyak, Bikin Cepat Kurus!

4. Udang

Udang mengandung tingkat zink yang tinggi yang bisa membantu mencegah rambut menipis. Namun, penting untuk berhati-hati jika Anda alergi terhadap udang.

5. Daging Ayam

Ayam dan unggas lainnya adalah sumber protein yang baik dan rendah lemak yang dapat membantu mencegah kerontokan rambut. Unggas juga mengandung vitamin B3 yang meningkatkan sirkulasi darah ke kulit kepala.

Baca Juga: Catat! Berikut 17 Makanan Penurun Gula Darah yang Patut Anda Coba

6. Salmon

Salmon kaya akan protein dan vitamin D yang penting untuk rambut kuat. Asam lemak omega-3 yang terkandung dalam salmon juga vital untuk pertumbuhan rambut dan membantu menjaga kelembapan kulit kepala serta rambut.

7. Walnut

Kacang walnut sangat baik untuk rambut karena mengandung banyak omega-3, biotin (vitamin B7), dan vitamin E yang membantu melindungi sel dari kerusakan DNA.

Kekurangan biotin bisa menyebabkan rambut rontok, sehingga mengonsumsi walnut dapat membantu memperkuat folikel rambut.

Baca Juga: 6 Minuman Penurun Gula Darah yang Ampuh, Coba yuk

8. Tiram

Tiram kaya akan zink, yang jika kekurangan bisa menyebabkan rambut rontok dan masalah kulit kepala seperti kulit kepala kering dan berkerak. Zink juga dapat ditemukan di sereal yang difortifikasi, daging, dan telur.

9. Wortel

Wortel dikenal baik untuk mata, tetapi juga bagus untuk rambut karena mengandung beta-karoten yang diubah menjadi vitamin A dalam tubuh. Vitamin A membantu memproduksi sebum yang menjaga rambut terlihat sehat dan berkilau.

Baca Juga: Inilah Bahaya Duduk Terlalu Lama, Salah Satunya Bisa Picu Hipertensi

10. Stroberi

Stroberi adalah sumber vitamin C yang sangat baik. Vitamin C bertindak sebagai antioksidan yang penting untuk menjaga kesehatan kulit dan rambut. Vitamin ini juga membantu tubuh menyerap zat besi, nutrisi penting lainnya untuk mencegah kerontokan rambut.

Itulah daftar makanan terbaik untuk mencegah rambut rontok yang dapat Anda coba. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News