Bugar

10 Rekomendasi Jus Penurun Gula Darah yang Ampuh, Anda Wajib Coba

10 Rekomendasi Jus Penurun Gula Darah yang Ampuh, Anda Wajib Coba

MOMSMONEY.ID - Sejumlah jus penurun gula darah yang ampuh dapat Anda konsumsi sebagai alternatif penanganan hiperglikemia.

Jika Anda memiliki kadar gula darah yang tinggi, penting untuk memilih makanan juga minuman yang bijak.

Untuk mengelola masalah ini, salah satu cara yang dapat Anda pilih adalah dengan konsumsi jus penurun gula darah yang ampuh. Namun, apa saja rekomendasinya?

Menyadur dari laman Alodokter, MomsMoney akan memberikan Anda rekomendasi jus penurun gula darah yang ampuh dan wajib dicoba berikut:

1. Jus Delima

Jus delima tanpa tambahan gula dapat menurunkan kadar gula darah dan kolesterol, serta meningkatkan resistensi insulin. Antosianin dan serat dalam delima juga membantu mengurangi peradangan dan mengontrol kadar gula darah.

Baca Juga: 15 Makanan yang Mengandung Protein Tinggi, Cocok untuk Pejuang Diet!

2. Jus Beri

Berbagai beri seperti blueberry, raspberry, dan blackberry kaya akan nutrisi yang dapat menurunkan kadar gula darah pasca makan. Flavonoid dalam beri memiliki sifat antioksidan dan antiperadangan yang juga membantu mencegah diabetes.

3. Jus Apel

Apel adalah buah dengan indeks glikemik yang rendah, yang berarti dapat membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil.

Apel juga kaya akan serat yang melambatkan penyerapan gula ke dalam darah, serta polifenol yang dapat memperlambat pencernaan karbohidrat, sehingga membantu menurunkan gula darah.

Baca Juga: Inilah Pilihan Lauk Pauk untuk Penderita Asam Urat dan Kolesterol, Mau Coba?

4. Jus Tomat

Tomat mengandung serat tinggi yang dapat memperlambat proses pencernaan dan mencegah lonjakan gula darah. Likopen di dalam tomat, yang bersifat antioksidan, juga membantu mengatur kadar gula darah dan mengurangi risiko penyakit jantung.

5. Jus Buah Bit

Bit kaya akan antioksidan, folat, dan potassium serta nitrat yang meningkatkan aliran darah. Komponen alami dalam bit juga efektif dalam menurunkan kadar gula darah dan insulin.

Baca Juga: Catat! Berikut 17 Makanan Penurun Gula Darah yang Patut Anda Coba

6. Jus Wortel

Wortel dengan indeks glikemik yang rendah sangat baik untuk mengontrol gula darah. Serat dalam wortel juga membantu mengurangi glukosa darah jangka panjang dan kadar glukosa darah puasa.

7. Jus Lemon

Lemon yang kaya akan vitamin C dapat membantu menurunkan kadar gula darah puasa dan risiko komplikasi diabetes. Hesperidin dalam lemon juga membantu mengurangi risiko diabetes.

Baca Juga: Daftar Sayuran yang Tidak Boleh Dimakan Penderita Asam Lambung, Apa Saja?

8. Jus Buah Naga

Buah naga mengontrol kadar gula darah dengan kandungan serat dan flavonoid yang membantu menurunkan glukosa darah.

9. Jus Seledri

Seledri juga memiliki indeks glikemik rendah yang sangat baik untuk menjaga gula darah tetap stabil. Flavonoid antidiabetes dalam seledri bermanfaat untuk menurunkan glukosa dalam darah.

Baca Juga: 4 Pilihan Saus Salad Sayur untuk Diet Anda, Intip di Sini

10. Jus Alpukat

Jus alpukat kaya akan polifenol yang membantu mengontrol kadar gula darah dan menurunkan resistensi insulin. Alpukat juga mengandung serat yang dapat membantu mengontrol kadar gula darah dan berat badan.

Nah, itulah rekomendasi jus penurun gula darah yang ampuh dan dapat Anda coba di rumah. Semoga bermanfaat, ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News