Bugar

6 Minuman Penurun Gula Darah yang Ampuh, Coba yuk

6 Minuman Penurun Gula Darah yang Ampuh, Coba yuk

MOMSMONEY.ID - Ada sejumlah minuman penurun gula darah yang ampuh dan dapat Anda coba. Apa saja?

Gula darah tinggi adalah keadaan ketika kadar glukosa dalam darah Anda lebih tinggi dari yang seharusnya.

Salah satu strategi untuk mengendalikan gula darah tinggi adalah dengan memperhatikan asupan makanan dan minuman Anda. 

Melansir dari Eating Well, berikut ini telah MomsMoney rangkumkan beberapa minuman penurun gula darah yang ampuh:

1. Air putih

Minum air putih membantu menjaga hidrasi tubuh dan dikaitkan dengan risiko diabetes tipe 2 yang lebih rendah. Air juga meningkatkan volume darah serta mendorong pelepasan asam amino yang mempengaruhi regulasi gula darah.

Baca Juga: 4 Pilihan Saus Salad Sayur untuk Diet Anda, Intip di Sini

2. Kopi

Kopi dapat membantu menurunkan risiko diabetes tipe 2. Senyawa tanaman dalam kopi mendukung kesehatan sel-sel di hati dan pankreas, melindungi terhadap perkembangan penyakit hati berlemak, dan menjaga fungsi insulin.

3. Teh hitam

Teh hitam dikaitkan dengan risiko diabetes dan komplikasi diabetes yang lebih rendah. Senyawa dalam teh membantu meningkatkan resistensi insulin dan mengurangi stres oksidatif serta peradangan.

Baca Juga: Pisang Kepok untuk Asam Lambung Amankah Dikonsumsi?

4. Teh hijau

Teh hijau dapat membantu menurunkan kadar glukosa darah puasa, menghambat penyerapan karbohidrat selama pencernaan, meningkatkan metabolisme glukosa, dan mengurangi stres oksidatif.

5. Susu

Protein dalam susu sapi, seperti kasein dan whey, dapat membantu menurunkan respons glukosa darah setelah makan. Meskipun demikian, perlu penelitian lebih lanjut untuk melihat bagaimana konsumsi susu dapat mempengaruhi kadar gula darah secara keseluruhan.

Baca Juga: Inilah Manfaat Tahu untuk Asam Lambung yang Jarang Diketahui, Wajib Coba!

6. Jus tomat

Jus tomat mengandung serat yang dapat membantu memperlambat pencernaan, sehingga memperlambat kenaikan gula darah setelah makan.

Sebuah studi menemukan bahwa minum jus tomat sebelum makan sarapan kaya karbohidrat dapat menghasilkan kadar gula darah yang lebih rendah setelah makan.

Demikianlah daftar minuman penurun gula darah yang ampuh dan dapat Anda coba. Dengan mengonsumsi minuman-minuman ini, Anda dapat membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil dan mengurangi risiko terkena diabetes serta komplikasinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News