Keluarga

Waspada! BMKG Prediksi Hari Ini Masih Akan Ada Paparan Sinar UV Berbahaya

Waspada! BMKG Prediksi Hari Ini Masih Akan Ada Paparan Sinar UV Berbahaya

MOMSMONEY.ID - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi wilayah Indonesia akan mengalami paparan sinar UV berbahaya pada Selasa, 14 November 2023. 

Prediksi BMKG ini diinformasikan melalui akun instagram resmi BMKG. Dalam indeks tersebut, wilayah Indonesia akan mengalami paparan sinar UV risiko berbahaya tinggi mulai pukul 07.00 WIB. 

Baca Juga: Top Up Saldo DANA Kini Bisa Dilakukan Lewat Gerai Indomaret

Wilayah yang paling awal yang akan terkena paparan sinar UV adalah sebagian wilayah Papua. Wilayah ini kemudian akan mengalami sinar UV berisiko bahaya sangat tinggi pada pukul 08.00 WIB. 

Kemudian pada pukul 09.00 WIB, paparan sinar UV berbahaya tinggi ini akan bergerak ke sebagian besar wilayah Sulawesi, Maluku, dan wilayah Nusa Tenggara Barat. 

Indeks paparan sinar UV berbahaya akan terus meningkat sejak pukul 07.00 WIB. Di Papua sinar UV sangat ekstrem dirasakan mulai pukul 10.00 WIB. 

Berikut jadwal puncak paparan sinar UV berbahaya dengan level risiko ekstrem hingga sangat ekstrem di Indonesia pada Selasa, 14 November 2023:

  • 09.00 WIB: hampir seluruh wilayah Papua dan Sulawesi, Maluku akan mulai mengalami sinar UV level ekstrem
  • 10.00 WIB: Seluruh wilayah Papua, seluruh Maluku, Sulawesi dan sebagian Nusa Tenggara Timur akan mengalami bahaya sinar UV level sangat ekstrem
  • 11.00 WIB: Seluruh wilayah Papua, Maluku, Sulawesi, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur dan Jawa Timur akan mengalami bahaya sinar UV ekstrem
  • 12.00 WIB: Hampir seluruh wilayah Maluku & Sulawesi, Kalimantan dan Nusa Tenggara akan mengalami bahaya sinar UV ekstrem.

Adapun puncak paparan sinar UV berbahaya di Indonesia akan terjadi sejak pukul 09.00 WIB hingga 13.00 WIB. Indonesia akan mengalami paparan sinar UV dengan indeks 6 hingga lebih dari 11. Artinya sinar UV ini dalam rentang bahaya,sangat bahaya hingga risiko bahaya ekstrem. 

Adapun, sinar UV dengan indeks 8 hingga 10 menunjukan risiko berbahaya sangat tinggi. Bagi orang yang terpapar matahari tanpa pelindung, diperlukan tindakan pencegahan ekstra karena kulit dan mata dapat rusak dan terbakar dengan cepat. 

Baca Juga: Perbedaan Ubi vs Kentang, Manakah yang Lebih Baik untuk Penderita Diabetes?

Sedangkan sinar UV berbahaya dengan indeks 11 atau lebih memiliki risiko berbahaya sangat ekstem. Bagi orang yang terpapar matahari tanpa pelindung diperlukan semua tindakan pencegahan karena kulit dan mata dapat rusak dan terbakar dalam hitungan menit. 

Sehingga sebaiknya hindari paparan matahari antara pukul 10 pagi hingga 5 sore. Anda juga disarankan tetap berada di tempat teduh pada saat matahari terik siang hari. 

Kenakan pelindung seperti topi lebar dan kacamata hitam anti sinar UV saat berada di luar ruangan. Serta oleskan cairan pelembab tabir surya SPF 30+ setiap 2 jam setelah berenang atau berkeringat. Hindari juga permukaan pasir, air dan salju karena akan meningkatkan paparan UV. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News