Bugar

Usung Budaya dan Donasi, Batak Berlari Sukses Digelar di Tangerang

Usung Budaya dan Donasi, Batak Berlari Sukses Digelar di Tangerang

MOMSMONEY.ID - Tak dipungkiri lagi, tren berolahraga kian banyak digandungri masyarakat. Salah satunya olahraga lari yang banyak digelar di berbagai daerah. Melihat fenomena tersebut, OneLoveSpiritHope Community, di bawah naungan Gereja HKBP Pasar Rebo menyelenggarakan acara Batak Berlari 2024.

Dalam pagelaran yang berlangsung Minggu15 September 2024 di QBIG BSD City, Tangerang, acara ini mengusung tema "Fun Walk and Fun Run for Charity Donation", sebagai bagian dari perayaan HUT ke-45 tahun HKBP Pasar Rebo.

Dengan menggabungkan elemen olahraga, budaya Batak, serta kepedulian sosial, acara ini berhasil menarik perhatian 789 peserta dari berbagai latar belakang suku, ras, dan agama, memperlihatkan semangat inklusivitas dan persatuan dalam keragaman.

Acara ini terbagi menjadi dua pilihan rute, yaitu 2,5 kilometer dan 5 kilometer, dimana peserta tidak hanya mengikuti aktivitas lari, tetapi juga disuguhkan hiburan berupa tari Tortor dan musik Batak yang menyemarakkan suasana di sepanjang rute lari.

Peserta yang mendaftar, baik secara offline maupun virtual, juga menerima race pack eksklusif yang berisi jersey, medali, dan nomor bib dengan desain khas Batak, yang menambah kesan budaya lokal dalam acara ini.

Setiap peserta Batak Berlari 2024 dapat merasakan indahnya kebudayaan Batak yang terbuka untuk semua golongan masyarakat. Di Race Village, berbagai hiburan dari pengisi acara berlatar belakang suku Batak semakin memeriahkan suasana.

Baca Juga: 7 Kesalahan saat Berolahraga yang Bikin Massa Otot Menurun hingga Cedera

Ada penampilan dari Ganube, juga penampilan spesial dari teman-teman komunitas difabel yang memberikan pengalaman unik bagi peserta dan pengunjung. Hal unik lainnya yang diberikan di Batak Berlari 2024 adalah adanya makanan khas batak yang diberikan kepada setiap peserta Batak Berlarik, seperti Lapet dan juga tersedia Mie Gomak makanan khas Sumatera Utara.

Selain sebagai ajang olahraga, Batak Berlari 2024 juga memiliki tujuan sosial yang sangat penting. Hingga tanggal 15 September 2024, acara ini berhasil mengumpulkan donasi sebesar Rp19.495.000, yang akan disalurkan ke HKBP Distrik VIII Jakarta untuk mendukung program HKBP Peduli Difabel. Program ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup penyandang disabilitas melalui pelatihan keterampilan, penyediaan fasilitas, dan advokasi. Periode penggalangan dana masih berlangsung hingga 29 September 2024.

Acara ini juga memberikan kesempatan kepada teman-teman difabel untuk ikut serta, dengan didampingi pelari menggunakan kursi roda sepanjang race track. Ini menunjukkan bahwa Batak Berlari 2024 terbuka untuk semua kalangan, menciptakan lingkungan yang inklusif dan ramah bagi semua peserta.

Dengan semangat solidaritas, inklusivitas, dan persatuan, Batak Berlari 2024 menjadi lebih dari sekadar acara lari, tetapi juga sebuah simbol gerakan sosial yang menginspirasi untuk mendukung sesama, khususnya penyandang disabilitas. Acara ini diharapkan dapat terus memberikan dampak positif dan memupuk semangat kebersamaan di masa depan.

Baca Juga: 4 Manfaat Lakukan Gerakan Squat Secara Rutin, Bakar Kalori Lebih Banyak

Selanjutnya: AI Membantu Perusahaan Mengurangi Jejak Karbon Sekaligus Meningkatkan Margin

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News