Bugar

Untuk Menurunkan Berat Badan, Lebih Bagus Berjalan atau Berlari?

Untuk Menurunkan Berat Badan, Lebih Bagus Berjalan atau Berlari?

MOMSMONEY.ID - Dalam usaha menurunkan berat badan, memilih antara berjalan dan berlari bisa menjadi keputusan yang sulit. Kedua olahraga ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Lantas, lebih bagus berjalan atau berlari untuk menurunkan berat badan?

Meskipun berjalan memiliki manfaat serupa dengan berlari, berlari memiliki keunggulan dalam hal pembakaran kalori.

Misalnya, bagi seseorang yang beratnya sekitar 160 pon, berlari dengan kecepatan 5 mil per jam dapat membakar sekitar 606 kalori.

Sementara itu, berjalan cepat pada kecepatan 3,5 mil per jam hanya membakar sekitar 314 kalori selama periode waktu yang sama.

Untuk menurunkan satu pon berat badan, Anda perlu membakar kira-kira 3.500 kalori. Untuk itulah, jika tujuan utama Anda adalah penurunan berat badan, berlari akan memberikan hasil yang lebih cepat dibandingkan berjalan.

Baca Juga: Mau Cepat Kurus? Ini 9 Olahraga Pembakar Kalori Paling Banyak

Namun, bagi mereka yang baru memulai olahraga tau memiliki keterbatasan yang membuat mereka tidak dapat berlari, berjalan masih tetap merupakan pilihan yang sangat baik untuk memperoleh kebugaran.

Berjalan adalah olahraga berdampak rendah yang dapat diakses oleh hampir semua orang, di mana saja, dan memberikan manfaat meningkatkan fungsi jantung serta memberikan energi tambahan.

Berjalan cepat mampu meningkatkan detak jantung dan membakar lebih banyak kalori dibandingkan berjalan biasa.

Baca Juga: Khasiat Air Kelapa untuk Diet, Intip Cara Konsumsinya!

Melansir dari Healthline, power walking, yang kecepatannya antara 3 hingga 5 mil per jam, dapat membakar kalori sebanyak berlari, tergantung pada kecepatan dan intensitasnya.

Misalnya, berjalan kencang pada kecepatan 4,5 mil per jam bisa membakar kalori sebanyak jogging pada kecepatan yang sama.

Untuk meningkatkan efektivitas berjalan dalam membakar kalori, Anda bisa mencoba berjalan dengan beban tambahan seperti memakai rompi berat atau memegang dumbel ringan.

Alternatifnya, tingkatkan intensitas dengan melakukan interval kecepatan, di mana Anda meningkatkan kecepatan selama beberapa menit sebelum kembali melambat.

Baca Juga: Apakah Kuning Telur Bagus untuk Diet? Ini Faktanya

Baik berjalan maupun berlari adalah latihan kardiovaskular yang sangat baik untuk kesehatan Anda. Jika Anda baru dalam berolahraga atau memiliki keterbatasan fisik, berjalan adalah pilihan yang aman dan mudah.

Namun, jika tujuan Anda adalah penurunan berat badan yang lebih cepat dan intens, berlari mungkin lebih cocok. Demikianlah ulasan terkait lebih baik berjalan atau berlari untuk menurunkan berat badan. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya: 2 Resep Masakan Seafood Cumi Asam Pedas yang Kaya Akan Rempah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News