Susah Mengelola Keuangan, Coba Terapkan Cara SMART untuk Mempermudah Mencapai Tujuan

Susah Mengelola Keuangan, Coba Terapkan Cara SMART untuk Mempermudah Mencapai Tujuan

MOMSMONEY.ID - Wujudkan tujuan keuangan dengan konsep  SMART untuk dapat memotivasi dalam mengelola keuangan.

Berdasarkan survei terbuka yang diselenggarakan blu by BCA Digital di bulan Agustus tahun 2021 lalu terhadap responden usia 18 sampai dengan 34 tahun, 61 persen responden mengaku telah familiar dengan topik manajemen keuangan. 

Namun, mereka tidak bisa menjelaskan atau mempraktikkan pengelolaan keuangan yang baik dalam keseharian mereka.

Selain itu, survei yang sama juga menemukan bahwa 34 persen dari responden malah bingung dan belum memahami cara mengatur keuangan. 

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalahmengikuti prinsip SMART, yaitu (S)pecific, (M)easurable, (A)chievable, (R)elevant dan (T)ime-bound.

Specific adalah  menetapkan tujuan keuangan kamu karena kalau kurang spesifik tidak akan fokus untuk mencapai tujuan keuangan kamu. 

Baca Juga: Simak Tips Belanja Bulanan Hemat ala Shopee

Misalnya ingin beli rumah di Depok dengan luas tanah mencapai 100-250 m2 dalam 5 tahun ke depan.

Measurable adalah memastikan mencapai tujuan keuangan itu terukur dengan menetapkan besaran uang dan waktu yang diperlukan untuk mencapai tujuan keuangan itu. 

Misalnya dengan mempertanyakan berapa banyak uang yang dibutuhkan dan butuh berapa lama untuk mengumpulkannya.

Lantas, Achievable yaitu turunkan tujuan keuangan menjadi rencana kerja atau action plan. Rencana kerja ini meliputi langkah-langkah konkrit yang terjangkau untuk bisa dilakukan  demi mencapai tujuan keuangan kamu. 

Dengan demikian, tinggal mengikuti saja rencana kerja yang telah dibuat ini. 

Selanjutnya adalah Relevant. Pastikan tujuan keuangan kamu relevan untuk kamu kedepannya. 

Beberapa pertanyaan yang bisa ditanyakan pada diri sendiri antara lain adalah seberapa penting tujuan keuangan kamu ini buat kehidupanmu? Lantas, Apakah ada alternatif lain? Dan juga jawab pertanyaan seberapa skeptis  bisa mencapai tujuan keuanganmu ini?

Baca Juga: Blu by BCA Hadirkan Financial Tools, Hasil Kolaborasi dengan Talenta Nusantara

Terakhir adalah Time-bound. Dalam hal ini tentukan target berapa lama yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan keuangan. Bisa jangka pendek, menengah, ataupun jangka panjang. 

Duardi Prihandiko selaku Head of Marketing Communications BCA Digital menyampaikan bahwa kemampuan mengelola keuangan menjadi salah satu kemampuan yang perlu untuk dimiliki oleh setiap orang.  blu by BCA Digital sebagai financial buddy, selalu #SiapJadiPegangan sobatblu dalam mengelola keuangan serta memberikan kemudahan bagi sobatblu dalam melakukan berbagai transaksi perbankan. 

"Sobatblu bisa memanfaatkan berbagai fitur yang dihadirkan blu seperti bluSavings untuk menabung, bluInvest untuk berinvestasi, serta bluInsurance yang siap memberikan proteksi bagi sobatblu," ujarnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News