Santai

Sudah Tahu Beda Biji Kopi Robusta, Arabica, dan Liberica? Cari Tahu di Sini yuk

Sudah Tahu Beda Biji Kopi Robusta, Arabica, dan Liberica? Cari Tahu di Sini yuk

MOMSMONEY.ID - Para penggemar kopi sudah tahu belum perbedaan jenis-jenis biji kopi populer? Jika belum, baca artikel berikut ini.

Bagi yang suka dengan minuman kopi tentu sudah tidak asin bahwa kopi terbuat dari biji kopi dengan berbagai ragam jenis.

Biji kopi yang paling umum dikenal adalah robusta dan arabica. Namun, ada satu lagi biji kopi yang juga patut Anda ketahui yaitu liberica.

Tak semua orang awam mengenal perbedaan ketiga jenis biji kopi tersebut. Untuk menambah pengetahuan Anda mengenai kopi, berikut Momsmoney telah merangkum perbedaan biji kopi robusta, arabica, dan liberica.

Baca Juga: 5 Manfaat Minum Protein Shake di Bulan Puasa, Bikin Kenyang Lebih Lama

Robusta

Biji kopi robusta memiliki bentuk bulat dan lebih gendut daripada biji kopi arabica. Biji kopi ini menghasilkan rasa dengan dominan rasa bittersweet atau pahit namun masih memiliki sedikit rasa manis.

Selain itu rasa cokelat, kacang, dan sedikit terasa kering pada saat akhir. Ini di karena kan oleh tingginya konsentrasi kafein dibandingkan gula atau rasa manis yang dihasilkan biji kopi ini. Aroma yang dihasilkan biji kopi ini juga tidak terlalu intens seperti biji kopi arabica.

Arabica

Ciri khas dari biji kopi arabica adalah bentuknya yang oval dan datar. Rasa yang mungkin dihasilkan dari biji kopi arabica didominasi oleh rasa asam dan manis namun lembut ketika diminum.

Biji kopi arabica juga memiliki aroma yang sangat enak. Bahkan aroma yang menyegarkan juga bisa dinikmati dari proses ekstraksi biji kopi ini.

Tingkat kafein yang dihasilkan biji kopi ini lebih sedikit dibandingkan dengan biji kopi lain.

Baca Juga: Kenali Ciri-Ciri Asam Lambung Naik dan Pemicu Kambuhnya, yuk

Liberica

Selanjutnya ada biji kopi liberica yang memiliki bentuk biji kopi yang besar, tidak simetris, dan bentuknya terlihat seperti bentuk air mata. Aroma yang dihasilkan oleh biji kopi ini cukup intens seperti biji kopi arabica.

Biji kopi ini menghasilkan rasa yang kuat dengan dominan smokey dan sedikit ada rasa rempah-rempah. Rasanya dan aroma biji kopi liberica hampir sama seperti rokok.

Namun, biji kopi ini memiliki tingkat kafein yang lebih rendah dibanding arabica dan robusta.

Jadi, makin tahu kan beda biji kopi robusta, arabica, dan liberica? Tertarik coba yang mana, nih?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News