Bugar

Bolehkah Minum Kopi saat Sahur? Yuk, Cari Tahu Jawabannya di Sini!

Bolehkah Minum Kopi saat Sahur? Yuk, Cari Tahu Jawabannya di Sini!

MOMSMONEY.ID - Minum kopi saat sahur menjadi topik yang sering dibicarakan, terutama bagi para pencinta kopi yang menjalankan ibadah puasa. Kopi tidak hanya tentang kenikmatan rasa, tapi juga tentang bagaimana kafein di dalamnya mempengaruhi tubuh, terutama saat berpuasa. Namun, bolehkah minum kopi saat sahur sebenarnya?

Sebenarnya, komponen utama dalam kopi, kafein dikenal karena kemampuannya meningkatkan kewaspadaan dan mengurangi perasaan lelah. Ini terjadi karena kafein memblokir adenosin, neurotransmitter yang membuat Anda merasa mengantuk.

Selain itu, kafein meningkatkan pelepasan neurotransmitter lain seperti dopamin dan norepinefrin, yang memperbaiki mood, kewaspadaan, dan fungsi kognitif.

Baca Juga: Tips Kuat Puasa Seharian saat Kerja, Anti Lemas dan Ngantuk

Meskipun begitu, ternyata minum kopi saat sahur bukanlah pilihan yang terbaik. Hal ini dikarenakan, pada saat sahur, tubuh belum menerima asupan makanan apapun, dan mengonsumsi kopi dalam keadaan perut kosong bisa berdampak negatif pada sistem pencernaan.

Bersumber dari Good Doctor, di bawah ini beberapa alasan mengapa minum kopi saat sahur bisa berakibat kurang baik untuk kesehatan, seperti:

1. Iritasi Lambung

Kopi dapat meningkatkan produksi asam klorida dan cairan lambung yang berperan dalam proses pencernaan makanan. Namun, jika perut kosong, asam tersebut bisa merusak lapisan dalam perut dan menyebabkan iritasi atau peradangan pada lambung.

Baca Juga: Apakah Air Kelapa Bisa Menurunkan Darah Tinggi? Ini Jawabannya!

2. Risiko Dehidrasi

Sifat diuretik dari kopi bisa meningkatkan kebutuhan untuk buang air kecil, yang pada gilirannya dapat menyebabkan dehidrasi. Apalagi selama berpuasa dimana asupan cairan sangat terbatas. Dehidrasi tidak hanya menyebabkan rasa haus tetapi juga bisa mempengaruhi kesehatan secara keseluruhan.

3. Efek Samping Fisik

Beberapa efek samping dari minum kopi saat sahur termasuk sakit kepala, pusing, dan sembelit. Selain itu, berpuasa tanpa asupan makanan yang cukup setelah minum kopi bisa menyebabkan penurunan berat badan yang tidak sehat.

Baca Juga: Jangan Sampai Terlewat, Ini Lo Dampak Buruk Tidak Sahur Sebelum Puasa

Itulah jawaban atas pertanyaan, bolehkah minum kopi saat sahur. Minum kopi saat sahur tidak direkomendasikan karena tidak baik untuk kesehatan. Mengingat potensi efek samping yang ditimbulkannya, sebaiknya hindari mengonsumsi kopi saat sahur.

Sebagai gantinya, Anda dapat mengonsumsi makanan dan minuman yang dapat menyediakan energi dan memelihara hidrasi tubuh sepanjang hari. Ini termasuk makanan kaya serat, protein, serta cukup asupan air dan minuman lain yang tidak mengandung kafein. Dengan cara ini, Anda dapat menjaga kesehatan tubuh dan menjalani ibadah puasa dengan lebih nyaman dan optimal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News