Santai

Sering Jadi Kado Valentine, Ternyata Ini 5 Manfaat Konsumsi Cokelat

Sering Jadi Kado Valentine, Ternyata Ini 5 Manfaat Konsumsi Cokelat

MOMSMONEY.ID - Jangan sampai lupa dimakan, inilah beberapa manfaat makan cokelat yang banyak diberikan sebagai kado Valentine.

Cokelat jadi kado Valentine yang paling banyak diberikan pada pasangan maupun orang terkasih. Selain manis, ternyata cokelat juga punya manfaat yang baik, loh.

Bagi yang ingin tahu, langsung simak yuk beberapa manfaat baik mengonsumsi cokelat yang manis dan legit di sini.

Baca Juga: 8 Ide Kencan Valentine Murah Minim Budget tapi Tetap Romantis, Mau Coba?

Memperbaiki fungsi otak

Flavonol adalah kandungan yang paling banyak ditemukan pada cokelat hitam. Kandungan ini memiliki dampak positif pada fungsi otak. Termasuk memperbaiki respons reaksi yang lebih baik, kesadaran visual-spasial, dan memori yang lebih kuat.

Meskipun penelitian masih berlangsung, salah satu alasannya adalah karena flavonol meningkatkan aliran darah ke otak.

Meningkatkan stamina

Melansir dari laman Hopkins Medisine, kandungan epicatechin dalam cokelat bisa membantu meningkatkan produksi oksida nitrat dalam darah.

Di mana proses tersebut mendukung sirkulasi dan mengurangi jumlah oksigen yang digunakan saat berolah raga. Maka dari itu saat seorang atlet melakukan olahraga dengan intensitas sedang, cokelat kerap dikonsumsi untuk menambah stamina.

Hal ini memungkinkan atlet untuk mempertahankan intensitas latihan lebih lama.

Baca Juga: 4 Manfaat Kelapa Buat Kesehatan dari Air hingga Minyaknya Bermanfaat lo

Mengurangi stres

Cokelat kerap dikonsumsi untuk memperbaiki mood buruk menjadi lebih baik. Kebanyakan orang yang makan cokelat merasakan manfaat stres berkurang.

Para peneliti pun telah mengonfirmasi bahwa setelah makan cokelat, terjadi penurunan kadar hormon stres kortisol. Hal ini mungkin terkait dengan efek cokelat, terutama cokelat hitam, terhadap kesehatan jantung, karena stres merupakan faktor risiko penyakit kardiovaskular.

Mencegah penyakit jantung

Siapa yang menyangka jika mengonsumsi cokelat bisa menurunkan risiko terkena penyakit serangan jantung.

Sebuah penelitian yang dikutip dari laman Medical News Today menunjukkan, mengonsumsi cokelat bisa membantu mengurangi risiko terkena penyakit jantung hingga sepertiganya.

Antioksidan dalam cokelat terbukti dapat menurunkan tekanan darah, mengurangi risiko penggumpalan darah dan meningkatkan sirkulasi darah ke jantung. Sehingga menurunkan risiko stroke, penyakit jantung koroner, dan kematian akibat penyakit jantung.

Mengurangi kolesterol jahat

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam The Journal of Nutrition menunjukkan, konsumsi cokelat dapat membantu mengurangi kadar kolesterol low-density lipoprotein (LDL), yang juga dikenal sebagai “kolesterol jahat.

Konsumsi rutin cokelat batangan yang mengandung sterol nabati (PS) dan flavanol kakao (CF), sebagai bagian dari diet rendah lemak, dapat mendukung kesehatan jantung dengan menurunkan kolesterol dan meningkatkan tekanan darah.

Jangan sampai lupa dimakan, ya! Itulah tadi beberapa manfaat cokelat yang ternyata baik bagi kesehatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News