Santai

5 Bahaya Terlalu Sering Minum Es Teh, Bikin Asam Lambung Naik Salah Satunya

5 Bahaya Terlalu Sering Minum Es Teh, Bikin Asam Lambung Naik Salah Satunya

MOMSMONEY.ID - Meski cocok diminum sebagai penyegar di saat cuaca panas, ada beragam efek samping dari terlalu banyak minum es teh.

Es teh adalah salah satu minuman populer yang banyak digemari karena rasanya yang menyegarkan. Apalagi jika yang diminum adalah es teh.

Minuman es teh bahkan populer diminum sebagai penyegar di tengah teriknya panas saat siang hari.

Namun, tahukah Anda bahwa ada beberapa dampak dan efek samping buruk dari terlalu sering meminum es teh? Berikut daftarnya:

Baca Juga: Ternyata Ada 4 Penyebab Orang Jadi Mudah Marah dan Emosi, Loh

Mudah merasa stres

Beberapa minuman teh dikenal ampuh untuk mencegah dan mengurangi tingkat stres pada seseorang. Tapi, jika dikonsumsi terlalu sering, teh juga bisa memicu stres, rasa lelah, bahkan kecemasan.

Teh mengandung kafein sama seperti kopi yang jika diminum terlalu sering bisa meningkatkan perasaan stres, mudah lelah dan anxiety. Sebaiknya, batasi konsumsi teh atau es teh di bawah 200 miligram per hari atau tidak lebih dari tiga gelas tergantung dari jenis teh yang dikonsumsi.

Kekurangan zat besi

Zat besi atau iron juga bisa berkurang karena pengaruh terlalu banyak konsumsi teh dan es teh. Hal tersebut menurut laman Eat This Not That, disebabkan karena kandungan tannis pada teh yang menyerap zat besi agar dapat dicerna.

Padahal, zat besi harusnya dicerna oleh tubuh. Risiko ini bisa terjadi pada para vegan dan vegetarian yang biasanya lebih banyak mengonsumsi berbagai jenis minuman teh.

Baca Juga: Cegah Dehidrasi saat Cuaca Panas, Makan 5 Buah Ini yuk

Sakit kepala

Beberapa jenis teh seperti peppermint dikenal bisa membantu mengurangi rasa sakit kepala. Tapi jika dikonsumsi berlebihan, efek sebaliknya akan muncul.

Sama dengan jenis teh lainnya, terlalu sering mengonsumsi teh maupun es teh bisa memicu sakit kepala karena minuman ini mengandung kafein. Jika merasa sering sakit kepala setelah minum es teh, coba kurangi konsumsi minuman teh Anda, ya.

Komplikasi kehamilan

Efek terlalu banyak minum es teh ternyata juga bisa menghantui ibu hamil, loh. Tentu saja hal tersebut disebabkan karena kandungan kafein pada teh yang sebaiknya tidak banyak dikonsumsi oleh ibu hamil.

American College of Obstetricians and Gynecologists dari laman Health Line menyarankan ibu hamil untuk tidak mengonsumsi makanan dan minuman dengan kafein lebih dari 200 miligram. Jika ingin beralih ke teh herbal, maka konsultasi kan terlebih dahulu dengan ahli.

Asam lambung meningkat

Ternyata es teh juga tidak ramah bagi perut para penderita asam lambung, loh. Saat dikonsumsi terlalu sering, es teh malah bisa memicu peningkatan asam lambung dan maag di perut.

Lagi-lagi, hal tersebut disebabkan karena kandungan kafein yang ada pada teh. Kafein dalam teh dapat menyebabkan mulas atau memperburuk refluks asam yang sudah ada sebelumnya.

Sebab hal tersebut mampu melonggarkan sfingter esofagus bagian bawah dan meningkatkan produksi asam di lambung.

Masih mau konsumsi es teh berlebihan lagi, enggak, nih? Itulah tadi beberapa dampak dan efek samping es teh jika dikonsumsi terlalu banyak.

Selanjutnya: Gelar Innovation Day Surabaya, Schneider Electric Tampilkan Beragam Solusi Digital

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News