Keluarga

Puncak Indeks Sinar UV Berbahaya di Indonesia Hari Ini, Mulai Pukul 10.00 WIB!

Puncak Indeks Sinar UV Berbahaya di Indonesia Hari Ini, Mulai Pukul 10.00 WIB!

MOMSMONEY.ID - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) prediksi akan ada paparan sinar UV berbahaya hari ini, Kamis, 7 Desember 2023.

Lebih dari satu pekan, sinar UV di Indonesia capai level berbahaya ekstrem. Padahal banyak wilayah telah mengalami musim hujan. 

Meski puncak bahaya ekstrem sinar UV baru dirasakan pukul 10.00 WIB atau 11.00 WITA atau 12.00 WIT, di Papua sinar UV berbahaya dirasakan sejak pukul 08.00 WIB atau 10.00 WIT.

Baca Juga: Perlu Akal Cerdik, 6 Variety Show Korea Ini Bikin Mikir Penontonnya

Ini jadwal puncak paparan sinar UV berbahaya dengan level risiko sangat tinggi hingga sangat ekstrem di Indonesia pada Kamis, 7 Desember Desember 2023.

  • 08.00 WIB / 10.00 WITA / 11.00 WIT

Sinar UV berbahaya sangat tinggi meliputi wilayah Papua. Sinar UV berbahaya tinggi meliputi Maluku, sebagian Sulawesi Utara dan Tengah serta Nusa Tenggara. 

  • 09.00 WIB / 10.00 WITA / 11.00 WIT

Sinar UV berbahaya ekstrem akan meliputi perairan Papua dan Maluku. Sedangkan Papua, Maluku, Sulawesi, Bali dan Nusa Tenggara alami sinar UV bahaya sangat tinggi. 

  • 10.00 WIB / 11.00 WITA / 12.00 WIT

Sinar UV bahaya ekstrem bergeser ke sebagian Sulawesi dan seluruh Maluku serta Nusa Tenggara. Sementara itu Jawa, Bali sebagian Sulawesi dan sebagian Kalimantan alami sinar UV bahaya sangat tinggi. 

  • 11.00 WIB / 12.00 WITA / 13.00 WIT

Sinar UV bahaya ekstrem masih meliputi sebagian Sulawesi dan seluruh Maluku serta Samudera Hindia. Sedangkan seluruh wilayah Indonesia lainnya diliputi sinar UV bahaya sangat tinggi. 
 

  • 12.00 WIB / 13.00 WITA / 14.00 WIT

Sinar UV bahaya sangat tinggi tersebar di seluruh Indonesia. Sinar UV bahaya sedang meliput Jawa, pesisir Sumatera bagian baratt, sebagian kecil Sulawesi dan Papua.

Hingga pukul 14.00 WIB Indonesia masih mengalami indeks sinar UV bahaya sedang. Kecuali Papua yang sudah aman dari sinar UV berbahaya sejak pukul 13.00 WIB atau 15.oo WIT. 

Kondisi baru aman untuk beraktivitas di luar ruangan pada pukul 15.00 WIB atau 16.00 WITA atau 17.00 WIT untuk seluruh Indonesia. 

Jika Anda harus beraktivitas di luar rumah sejak siang maka gunakan perlindungan yang diperlukan. Saat Anda terpapar sinar UV yang menunjukkan risiko berbahaya sangat tinggi , Anda berisiko menalami kerusakan kulit dan mata serta dapat terbakar dengan cepat. 

Baca Juga: Waspada! Besok Ada Potensi Hujan Petir di Banten

Nah bagi orang yang terpapar sinar UV level ekstrem tanpa pelindung diperlukan semua tindakan pencegahan karena kulit dan mata dapat rusak dan terbakar dalam hitungan menit. 

Sehingga sebaiknya hindari paparan matahari antara pukul 10 pagi hingga 5 sore. Anda juga disarankan tetap berada di tempat teduh pada saat matahari terik siang hari. 

Kenakan pelindung seperti topi lebar dan kacamata hitam anti sinar UV saat berada di luar ruangan. Serta oleskan cairan pelembab tabir surya SPF 30+ setiap 2 jam setelah berenang atau berkeringat. Hindari juga permukaan pasir, air dan salju karena akan meningkatkan paparan UV. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News