Keluarga

Hari Ini Indeks Sinar UV Capai Level Ekstrem Mulai Pukul 09.00 WIB!

Hari Ini Indeks Sinar UV Capai Level Ekstrem Mulai Pukul 09.00 WIB!

MOMSMONEY.ID - BMKG memprediksi akan ada paparan sinar UV berbahaya hari ini, Senin, 4 Desember 2023.

Prediksi BMKG, akan ada paparan sinar UV berbahaya hari ini, Senin, 4 Desember 2023 meski telah memasuki musim hujan. 

BMKG memprediksi paparan sinar UV berbahaya tinggi akan mulai dirasakan di Sulawesi dan Nusa Tenggara pada pukul 08.00 WIB atau 10.00 WIT. Sinar UV berbahaya ini akan datang dari arah tenggara. 

Lalu, seluruh Papua dan Maluku akan mengalami paparan sinar UV berbahaya sangat tinggi pada pukul 10.00 WIT. Sementara Kalimantan dan sebagian Jawa alami sinar UV berbahaya sedang. 

Baca Juga: Pahami 6 Manfaat Pepaya untuk Kecantikan Kulit

Ini jadwal puncak paparan sinar UV berbahaya dengan level risiko sangat tinggi hingga sangat ekstrem di Indonesia pada Kamis, 30 November 2023:

  • 09.00 WIB, 10.00 WITA, 11.00 WIT: Sinar UV berbahaya ekstrem akan meliputi perairan utara Papua, perairan Maluku, Maluku dan peraian selatan Papua. Wilayah Sulawesi, Bali dan Nusa Tenggara alami sinar UV bahaya sangat tinggi.   
  • 10.00 WIB, 11.00 WITA, 12.00 WIT: Sinar UV bahaya ekstrem meluas bergeser ke  Sulawesi, Bali dan Nusa Tenggara. Papia, Kalimantan dan Jawa alami sinar UV bahaya tinggi dan sangat tinggi. 
  • 11.00 WIB, 12.00 WITA, 13.00 WIT: Sinar UV bahaya ekstrem meluas bergeser ke  Sulawesi, Bali dan Nusa Tenggara. Papia, Kalimantan dan Jawa alami sinar UV bahaya tinggi dan sangat tinggi. 
  • 12.00 WIB, 13.00 WITA, 14.00 WIT: Seluruh wilayah Indonesia alami sinar UV bahaya tinggi hingga sangat tinggi. Namun wilayah perairan selatan Jawa alias Samudera Hindia alami sinar UV bahaya ekstrem. 

Kondisi sinar UV bahaya tinggi hingga sangat tinggi akan berlanjut hingga pukul 14.00 WIB, 15.00 WITA dan 16.00 WIT. Kondisi baru aman setelah pukyl 15.00 WIB, 16.00 WITA dan 18.00 WIT. 

Jika Anda harus beraktivitas di luar rumah sejak siang, maka gunakan perlindungan yang diperlukan. Saat terpapar sinar UV yang menunjukan risiko berbahaya sangat tinggi, Anda berisiko menalami kerusakan kulit dan mata serta dapat terbakar dengan cepat. 

Baca Juga: 7 Urutan Skincare Remaja yang Benar, Kulit Sehat & Cantik

Nah, bagi orang yang terpapar sinar UV level ekstrem tanpa pelindung diperlukan semua tindakan pencegahan karena kulit dan mata dapat rusak dan terbakar dalam hitungan menit. 

Sehingga, sebaiknya hindari paparan matahari antara pukul 10 pagi hingga 5 sore. Anda juga disarankan tetap berada di tempat teduh pada saat matahari terik siang hari. 

Kenakan pelindung seperti topi lebar dan kacamata hitam anti sinar UV saat berada di luar ruangan. Serta oleskan cairan pelembab tabir surya SPF 30+ setiap 2 jam setelah berenang atau berkeringat.

Hindari juga permukaan pasir dan air karena akan meningkatkan paparan UV. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News