Bugar

Perkuat Imun hingga Cegah Kanker, Intip 12 Manfaat Sawo untuk Kesehatan yuk!

Perkuat Imun hingga Cegah Kanker, Intip 12 Manfaat Sawo untuk Kesehatan yuk!

MOMSMONEY.ID - Sawo adalah buah tropis yang tidak hanya lezat tetapi juga penuh dengan berbagai manfaat kesehatan. Dari teksturnya yang lembut hingga rasanya yang manis, sawo menawarkan lebih dari sekadar kenikmatan bagi pecinta buah.

Apa saja manfaat sawo untuk kesehatan? Berikut telah Momsmoney rangkumkan dua belas manfaat sawo untuk kesehatan yang mungkin belum Anda ketahui, menyadur dari laman Hello Sehat:

1. Mengatasi anemia

Kandungan zat besi yang tinggi dalam sawo penting untuk pembentukan hemoglobin, yang membantu dalam mengatasi anemia.

Baca Juga: 9 Makanan yang Menyebabkan Alergi serta Gejala yang Ditimbulkan, Cek yuk

2. Mengobati asam urat

Kandungan vitamin C yang tinggi dalam sawo dianggap dapat membantu mengobati asam urat dengan memfasilitasi pengeluaran asam urat melalui urine.

3. Mempercepat penyembuhan luka

Sawo dapat membantu dalam penyembuhan luka berkat sifat antibakteri dan anti-inflamasi yang mencegah infeksi dan meredakan peradangan pada luka.

Baca Juga: Ketahui Manfaat Yoga untuk Kesehatan Anda, Ada 7 Hal yang Luar Biasa

4. Melancarkan pencernaan

Sawo kaya akan serat dan tannin yang efektif dalam melancarkan sistem pencernaan. Serat membantu meringankan gangguan pencernaan seperti sembelit, diare, dan wasir.

Tanin dalam buah sawo memiliki sifat antibakteri yang dapat membunuh patogen seperti Shigella, Salmonella typhi, dan Escherichia coli (E. coli).

5. Membantu penurunan berat badan

Jika Anda berusaha mencapai berat badan ideal, sawo bisa menjadi pilihan yang baik karena kandungan seratnya yang tinggi. Serat ini memberikan rasa kenyang yang lebih lama tanpa menambah kalori berlebih, yang dapat membantu mengurangi nafsu makan dan porsi makan.

Baca Juga: Mengulik 7 Khasiat Daun Jeruk untuk Kesehatan, Bisa Mengusir Stres lo

6. Menangkal radikal bebas

Sawo memiliki tingkat antioksidan yang tinggi yang esensial dalam melawan radikal bebas. Radikal bebas yang berasal dari lingkungan, makanan, atau sinar matahari dapat menyebabkan kerusakan sel yang sehat.

Radikal bebas juga dikaitkan dengan berbagai penyakit seperti kanker, penyakit jantung, gangguan penglihatan, hingga Alzheimer.

7. Redakan demam dan radang

Penelitian menunjukkan bahwa ekstrak daun sawo memiliki efek antiradang dan antipiretik. Ini berarti bahwa ekstrak tersebut bisa membantu meredakan peradangan dan demam, meski studi lebih lanjut pada manusia masih dibutuhkan.

Baca Juga: 12 Camilan untuk Penderita Diabetes yang Menyehatkan, Mau Coba?

8. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Sawo adalah sumber vitamin C yang sangat baik, yang penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menangkal radikal bebas yang dapat melemahkan imunitas.

9. Menurunkan tekanan darah tinggi

Sawo adalah buah yang kaya kalium, yang dikenal dapat menurunkan tekanan darah dengan memfasilitasi penyerapan natrium dan merelaksasi pembuluh darah.

Baca Juga: Enak dan Mudah Dibuat, Ini 10 Jus Buah untuk Penderita Asam Lambung

10. Memperkuat tulang

Sawo mengandung mineral penting seperti kalsium dan fosfor, yang berperan dalam pertumbuhan dan pemeliharaan tulang dan gigi, serta dapat membantu mengurangi risiko osteoporosis.

11. Meningkatkan kesehatan kulit

Kandungan vitamin C yang tinggi dalam sawo membantu dalam regenerasi sel kulit baru dan menjaga kelembapan kulit. Ini juga melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar UV.

Baca Juga: Bisa Bikin Kambuh, Ini 7 Buah yang Tidak Boleh Dimakan Penderita Asam Urat

12. Mencegah kanker

Ekstrak buah sawo diketahui memiliki senyawa sitotoksik yang bisa membunuh sel kanker dan menghambat pertumbuhan kembali sel tersebut, walaupun penelitian lebih lanjut masih diperlukan.

Nah, itulah beberapa manfaat sawo untuk kesehatan yang mungkin belum Anda ketahui. Semoga bermanfaat, ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News