Bugar

Mengulik 7 Khasiat Daun Jeruk untuk Kesehatan, Bisa Mengusir Stres lo

Mengulik 7 Khasiat Daun Jeruk untuk Kesehatan, Bisa Mengusir Stres lo

MOMSMONEY.ID - Daun jeruk sebenarnya menyimpan segudang manfaat kesehatan, namun jarang diketahui. Apa saja khasiat daun jeruk untuk kesehatan?

Dari memperkaya masakan dengan aroma yang khas hingga khasiat kesehatannya yang luar biasa, daun jeruk merupakan bahan alami yang multifungsi. 

Menyadur dari laman Halodoc, berikut adalah khasiat daun jeruk untuk kesehatan yang tak banyak orang tahu:

1. Mengurangi stres dan kecemasan

Menghirup aroma daun jeruk dapat secara efektif mengurangi stres dan kecemasan. Cukup dengan meremas daun jeruk dan menghirup aromanya, kesegaran dan aroma citrus dari daun tersebut dapat memberikan rasa relaksasi dan kenyamanan.

Baca Juga: 12 Camilan untuk Penderita Diabetes yang Menyehatkan, Mau Coba?

2. Mengurangi peradangan

Daun jeruk sangat bermanfaat bagi mereka yang menderita kondisi inflamasi seperti rematik, radang sendi, atau edema. Menggunakan ekstrak daun jeruk baik secara topikal atau diminum, bisa sangat membantu meredakan rasa sakit, termasuk sakit kepala atau migrain.

3. Menjaga kesehatan sistem pencernaan

Komponen dalam daun jeruk, mirip dengan yang ada pada serai, diduga memiliki sifat anti-inflamasi yang mendukung kesehatan sistem pencernaan. Rebusan daun jeruk dapat meredakan gejala sembelit dan gangguan pencernaan lainnya, memungkinkan sistem pencernaan bekerja secara normal.

Baca Juga: 9 Camilan untuk Penderita Asam Lambung yang Enak dan Aman Dikonsumsi

4. Meningkatkan kesehatan mulut

Mengoleskan daun jeruk langsung ke gusi dapat memperbaiki kesehatan mulut dan mengeliminasi bakteri yang mengendap. Campuran minyak yang diekstraksi dari kulit jeruk dengan pasta gigi dan obat kumur dapat meningkatkan perawatan mulut secara signifikan.

5. Membersihkan darah

Minyak dari daun jeruk, ketika dicampur dengan bahan-bahan tertentu, berfungsi sebagai detox yang membantu membersihkan darah dari racun.

Senyawa volatil dalam daun jeruk dapat menghilangkan patogen dan mendukung fungsi hati serta sistem limfatik dalam menyaring zat berbahaya, yang pada gilirannya meningkatkan kesehatan umum.

Baca Juga: Enak dan Mudah Dibuat, Ini 10 Jus Buah untuk Penderita Asam Lambung

6. Merawat kulit

Ekstrak kulit jeruk yang diolah dalam produk kosmetik dapat memperbaiki kesehatan kulit. Asam dalam daun jeruk membantu menetralkan radikal bebas, mencegah kerusakan sel dan meminimalkan tanda-tanda penuaan, bekas luka, dan jerawat.

Menambahkannya ke dalam makanan juga dapat membantu menjaga kulit agar tetap sehat dan cerah.

7. Pengusir serangga alami

Daun jeruk juga efektif sebagai pengusir serangga. Senyawa seperti citronellol dan limonene dalam daun jeruk sangat efektif dalam menolak serangga, membuatnya ideal untuk menghindari gigitan nyamuk yang mengganggu.

Nah, itulah beberapa khasiat daun jeruk untuk kesehatan yang tak banyak diketahui orang. Semoga bermanfaat, ya!

Selanjutnya: Daftar Film Baru dan Film Lama yang Tayang di Bioskop Akhir Pekan Ini (7-9 Juni)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News