Bugar

Cegah Banyak Penyakit Kronis, Intip Manfaat Langsat untuk Kesehatan yuk!

Cegah Banyak Penyakit Kronis, Intip Manfaat Langsat untuk Kesehatan yuk!

MOMSMONEY.ID - Langsat memiliki tekstur yang lembut dan rasa yang manis dengan sedikit keasaman. Tidak hanya rasanya yang menyegarkan, langsat juga kaya akan vitamin dan mineral yang esensial untuk kesehatan tubuh. Berikut adalah beberapa manfaat langsat untuk kesehatan, bersumber dari Dokter Sehat:

1. Menjaga metabolisme tubuh

Langsat adalah sumber vitamin B kompleks, mulai dari vitamin B1, B2, B3, hingga folat. Vitamin B kompleks berperan penting dalam membantu metabolisme karbohidrat, lemak, dan protein.

Selain itu, kandungan vitamin B2 yang cukup tinggi dalam langsat dipercaya bermanfaat untuk menjaga sistem saraf agar berfungsi dengan baik.

Baca Juga: Apakah Daun Singkong Menyebabkan Darah Tinggi? Inilah Jawabannya

2. Menjadi sumber serat alami

Serat adalah nutrisi esensial untuk sistem pencernaan yang sehat. Langsat dengan kandungan seratnya yang tinggi, dipercaya dapat membantu mengurangi gejala atau mencegah sembelit.

Setiap 100 gram langsat mengandung sekitar 2 gram serat, yang memenuhi sekitar 8-11% kebutuhan serat harian untuk wanita dan 6-8% untuk pria.

3. Menurunkan risiko penyakit kardiovaskular

Langsat dapat membantu menurunkan risiko penyakit kardiovaskular seperti stroke atau serangan jantung, dengan cara mengendalikan kadar kolesterol, salah satu faktor risiko utama penyakit kardiovaskular.

Selain itu, kandungan kalium yang tinggi dalam langsat juga dipercaya dapat membantu mengendalikan detak jantung dan tekanan darah.

Baca Juga: Benarkah Nasi Putih Bisa Sebabkan Diabetes? Ini Kata Studi

4. Mengendalikan berat badan

Langsat dapat menjadi pilihan buah yang ideal untuk membantu mengendalikan berat badan, terutama bagi mereka yang ingin menurunkannya. Hal ini terkait erat dengan kandungan serat yang tinggi di dalamnya. Langsat juga bebas dari lemak jenuh dan kolesterol.

Meskipun begitu, penting untuk tetap memperhatikan total asupan kalori Anda, mengingat 100 gram langsat mengandung sekitar 57 kilokalori, yang lebih rendah dibandingkan dengan duku.

5. Mencerahkan kulit

Langsat memiliki manfaat kecantikan yang tidak perlu diragukan lagi. Beberapa produk perawatan kulit menggunakan ekstrak langsat sebagai salah satu bahan utamanya. Perawatan kulit yang mengandung langsat dipercaya dapat membantu mencerahkan dan melembapkan kulit.

Selain itu, kandungan antioksidan yang tinggi dalam langsat juga dipercaya dapat membantu mencegah penuaan dini.

Baca Juga: Bukan Beras Putih, Ini Pilihan Beras yang Ramah untuk Penderita Diabetes!

6. Pencegahan diabetes

Meskipun tidak ada manfaat langsung langsat terhadap diabetes, buah ini dianggap aman untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes. Kandungan serat yang tinggi dan kemampuannya dalam mengendalikan berat badan menjadikan langsat sebagai buah yang baik untuk pencegahan diabetes. Mengingat obesitas adalah salah satu faktor risiko utama penyakit ini.

7. Pengendalian kolesterol

Langsat tidak mengandung lemak jenuh atau kolesterol dan dipercaya dapat membantu mengendalikan kadar kolesterol dalam darah. Penelitian telah menunjukkan bahwa makanan tinggi serat, khususnya serat larut air. Buah langsat efektif dalam menurunkan kadar kolesterol dalam darah dengan cara menghambat penyerapan lemak jenuh yang berbahaya bagi tubuh.

Baca Juga: Rekomendasi Minuman Buka Puasa untuk Penderita Asam Lambung, Cek yuk!

Nah, itulah beberapa manfaat langsat untuk kesehatan. Meskipun langsat memiliki banyak manfaat kesehatan, penting juga untuk mengonsumsinya dengan bijak.

Buah ini mengandung gula alami, sehingga penderita diabetes harus mengonsumsinya dalam jumlah yang wajar. Selain itu, bagi yang memiliki alergi terhadap buah tertentu, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi langsat.

Selanjutnya: Setelah Umumkan Kinerja Pekan Lalu, Begini Rekomendasi Saham GOTO Terbaru

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News