Keluarga

Cegah Kanker Payudara, Yuk Kenali Ciri-Cirinya!

Cegah Kanker Payudara, Yuk Kenali Ciri-Cirinya!

MOMSMONEY.ID - Kementerian Kesehatan mengatakan bahwa kanker payudara menempati urutan pertama yang menyebabkan angka kematian cukup tinggi. 

Adapun per 2020 jumlah kasus baru kanker payudara mencapai 16,6% dari kasus baru kanker di Indonesia atau setara 69.858. Adapun jumlah kematiannya mencapai 20.000 jiwa. 

Adapun data BPJS Kesehatan menunjukkan pada periode 2019-2020 biaya yang dikeluarkan untuk pengobatan kanker mencapai sekitar Rp 7,6 triliun. Di sisi lain, 43% kematian akibat kanker bisa diatasi saat pasien rutin melakukan deteksi dini dan menghindari faktor risiko penyebab kanker. 

Baca Juga: Masih Alami Panas Ekstrem, Ini Lo Ciri-ciri Bayi dan Anak-anak Mengalami Dehidrasi

Nah setiap orang memiliki gejala atau ciri-ciri yang berbeda saat menghadapi kanker payudara. Bahkan beberapa pasien tidak menemukan gejala apapun. 

Namun, melansir Centers for Disease Control and Prevention, berikut ciri-ciri kanker payudara: 

  1. Adanya benjolan baru di payudara atau ketiak
  2. Adanya penebalan atau pembengkakan pada sebagian payudara
  3. Adanya iritasi atau cekungan pada kulit payudara
  4. Kulit kemerahan atau terkelipas di area puting
  5. Puting seperti tertarik ke dalam atau nyeri pada area puting
  6. Keluarnya cairan kuning seperti nanah dari puting selain ASI, termasuk darah
  7. Adany perubahan bentuk dan ukuran payudara
  8. Nyeri di area payudara manapun

Setelah mengetahui ciri-ciri kanker payudara, ada baiknya Anda melakukan deteksi dini. Terutama jika Anda memiliki ibu, saudara perempuan atau anak, serta saudara ayah dan ibu yang memiliki riwayat kanker payudara atau kanker rahim. 

Baca Juga: Simak Rekomendasi Restoran Mewah di Jogja yang Cocok Dikunjungi Bersama Keluarga!

Serta jika Anda saat ini berusia hampir 50 tahun, mulai menstruasi di usia sebelum 12 tahun dan mengalami menopause setelah 55 tahun. 

Adapun cara memeriksakan payudara sendiri dapat dilakukan dengan mudah. Untuk tahu apakah ada kanker payudara pada diri Anda, kenali ciri-cirinya. Caranya berdiri di depan cermin. 

Amati perubahan payudaran Anda, angkat satu tangan ke atas dan raba payudara Anda. Jika menemukan benjolan, segera periksakan. Akan lebih mudah jika Anda sedang mandi, sabun akan melicinkan kulit payudara sehingga mudah menemukan benjolan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News