Bugar

12 Camilan untuk Penderita Diabetes yang Menyehatkan, Mau Coba?

12 Camilan untuk Penderita Diabetes yang Menyehatkan, Mau Coba?

MOMSMONEY.ID - Penderita diabetes tetap bisa konsumsi camilan yang enak. Namun, memang tidak semua camilan bisa dikonsumsi, ya. Ada sejumlah camilan untuk penderita diabetes yang menyehatkan dengan cita rasa yang nikmat. Apa sajakah itu?

Momsmoney telah merangkumkan sejumlah camilan untuk penderita diabetes yang menyehatkan, melansir dari laman Healthline:

1. Telur Rebus

Telur rebus adalah camilan yang kaya protein, sangat baik untuk penderita diabetes karena protein membantu stabilisasi gula darah.

Sebuah studi menunjukkan bahwa konsumsi dua telur setiap hari oleh individu dengan diabetes tipe 2 selama 12 minggu menurunkan kadar gula darah puasa dan hemoglobin A1c. Telur juga mendukung pengurangan berat badan yang bisa mengarah pada remisi diabetes.

Baca Juga: Enak dan Mudah Dibuat, Ini 10 Jus Buah untuk Penderita Asam Lambung

2. Yogurt dengan Buah Beri

Kombinasi yogurt dan buah beri kaya akan antioksidan yang melindungi sel pankreas dan serat yang stabilkan gula darah. Yogurt, terutama jenis Yunani, tinggi protein yang membantu mengelola gula darah.

3. Almond

Almond menyediakan protein, serat, dan lemak sehat, yang semua berperan dalam manajemen diabetes. Studi menunjukkan bahwa konsumsi almond dapat menurunkan kadar gula darah dan insulin.

Almond juga mendukung kesehatan jantung dan manajemen berat badan, yang penting dalam pengelolaan diabetes tipe 2.

Baca Juga: 9 Buah Penurun Asam Urat Paling Cepat, Cek dan Konsumsi yuk

4. Stik Daging Sapi

Stik daging sapi adalah sumber protein tinggi yang baik dan memiliki karbohidrat yang rendah, yang membantu dalam stabilisasi gula darah.

Penting untuk memilih stik daging sapi dengan kandungan sodium rendah untuk menghindari risiko tekanan darah tinggi.

5. Buncis Panggang

Buncis adalah camilan yang kaya akan protein dan serat yang baik untuk pengelolaan diabetes. Mengonsumsi buncis secara teratur terbukti membantu mengurangi risiko diabetes dan mempertahankan gula darah yang stabil.

Baca Juga: Bisa Bikin Kambuh, Ini 7 Buah yang Tidak Boleh Dimakan Penderita Asam Urat

6. Sayuran dan Hummus

Kombinasi sayuran dengan hummus tidak hanya menyediakan serat dan nutrisi tetapi juga protein dan lemak yang baik dari hummus yang mendukung kontrol gula darah. Studi menunjukkan bahwa hummus bisa menurunkan kadar gula darah dan insulin lebih efektif daripada alternatif seperti roti putih.

7. Alpukat

Alpukat adalah sumber serat dan asam lemak tak jenuh tunggal yang mencegah lonjakan gula darah. Penelitian menunjukkan bahwa inklusi alpukat dalam diet dapat memperbaiki kontrol gula darah pada individu dengan diabetes tipe 2.

Baca Juga: 10 Manfaat Daun Pandan untuk Kesehatan, Yuk Cari Tahu Ada Apa Saja!

8. Irisan Apel dengan Selai Kacang

Apel dan selai kacang adalah kombinasi yang menyediakan serat tinggi dan nutrisi seperti vitamin E dan magnesium. Ini bukan hanya camilan yang lezat tapi juga membantu dalam pengelolaan gula darah.

9. Keju Cottage

Keju cottage adalah sumber protein yang baik dengan karbohidrat rendah. Menariknya, keju cottage telah terbukti menurunkan respons gula darah ketika dikonsumsi dengan gula, berkat kandungan proteinnya yang tinggi.

Baca Juga: 15 Manfaat Daun Suji untuk Kesehatan yang Tak Banyak Orang Tahu, Apa Saja?

10. Popcorn

Popcorn, sebagai camilan gandum, dianggap cocok untuk penderita diabetes karena kalorinya yang rendah. Satu cangkir popcorn hanya mengandung 31 kalori, membantu dalam pengelolaan berat badan, yang penting untuk kontrol diabetes.  Popcorn juga menyediakan serat yang membantu dalam pengelolaan gula darah.

11. Puding Biji Chia

Puding biji chia dibuat dengan merendam biji chia dalam susu hingga teksturnya mirip puding. Camilan ini kaya akan protein, serat, dan asam lemak omega-3 yang stabilkan gula darah.

Serat di biji chia juga membantu memperlambat pencernaan dan pelepasan gula ke dalam darah, sementara juga membantu menurunkan kadar trigliserida yang baik untuk kesehatan jantung.

Baca Juga: Intip 8 Daftar Buah-buahan untuk Diet, Cara Mudah Turunkan Berat Badan!

12. Salad Tuna

Salad tuna, yang terbuat dari campuran tuna kalengan, mayones, dan bahan seperti seledri dan bawang, adalah pilihan yang sangat baik karena tinggi protein dan tidak mengandung karbohidrat.

Tuna juga menyediakan asam lemak omega-3 yang bisa membantu mengelola diabetes dengan mengurangi peradangan dan memperbaiki kontrol gula darah. Mengganti mayones dengan keju cottage atau yogurt dapat membuat salad ini lebih sehat dan lebih tinggi protein.

Nah, itulah beberapa camilan untuk penderita diabetes yang menyehatkan. Anda mau coba yang mana?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News