Bugar

Ketahui Manfaat Yoga untuk Kesehatan Anda, Ada 7 Hal yang Luar Biasa

Ketahui Manfaat Yoga untuk Kesehatan Anda, Ada 7 Hal yang Luar Biasa

MOMSMONEY.ID - Olahraga simpel yang menyehatkan, mari simak manfaat yoga untuk kesehatan berikut ini.

Yoga kini telah menjadi salah satu bentuk olahraga yang paling populer di seluruh dunia. Yoga tidak hanya meningkatkan fleksibilitas dan kekuatan fisik, tetapi juga menawarkan manfaat mendalam bagi kesehatan mental dan emosional.

Namun, apa saja sih manfaat yoga untuk kesehatan? Bersumber dari Medical News Today, berikut adalah tujuh manfaat yoga untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui:

1. Mengurangi stres

Melakukan yoga secara teratur dapat mengurangi stres dan memfasilitasi relaksasi yang lebih dalam. Praktik ini terbukti dapat menurunkan kadar kortisol, hormon yang terkait dengan stres.

Studi menunjukkan, berlatih yoga selama minimal tiga bulan bisa secara signifikan menurunkan kortisol dan mengurangi stres.

Baca Juga: Mengulik 7 Khasiat Daun Jeruk untuk Kesehatan, Bisa Mengusir Stres lo

2. Merelaksasi kecemasan

Yoga terbukti efektif dalam mengurangi kecemasan, termasuk pada mereka yang mengalami gangguan kecemasan sosial, PTSD, dan fobia.

Penelitian menemukan bahwa Hatha yoga bisa menurunkan tingkat kecemasan dan memperbaiki suasana hati lebih efektif dibandingkan dengan kegiatan fisik lain seperti berjalan.

3. Mengelola depresi

Yoga juga menunjukkan hasil yang menjanjikan sebagai terapi komplementer untuk depresi. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa yoga dapat mengurangi gejala depresi pada berbagai kelompok, termasuk orang dewasa dengan depresi berat, wanita hamil, dan pengasuh.

Yoga berpotensi menurunkan gejala depresi dengan mengurangi kadar kortisol.

Baca Juga: Perbaiki Kualitas Tidur, Lakukan 4 Gerakan Yoga Sebelum Tidur Sepuluh Menit Ini

4. Mengurangi nyeri punggung bawah

Penelitian menyarankan bahwa yoga bisa lebih efektif daripada terapi fisik dalam mengatasi nyeri punggung bawah.

Praktik yoga dikaitkan dengan peningkatan fungsi punggung dan pengurangan nyeri, serta penggunaan opioid yang lebih rendah di kalangan veteran militer yang mengalami nyeri kronis.

5. Meningkatkan kualitas hidup saat sakit

Yoga sering digunakan sebagai terapi pelengkap untuk meningkatkan kualitas hidup selama pengobatan penyakit.

Penelitian menunjukkan bahwa yoga bisa membantu mengurangi kelelahan pada pasien kanker prostat, meningkatkan fungsi motorik pasca-stroke, dan memperbaiki gejala pada penderita arthritis rheumatoid dan kolitis ulserativa.

Baca Juga: 9 Camilan untuk Penderita Asam Lambung yang Enak dan Aman Dikonsumsi

6. Merangsang fungsi otak

Yoga terbukti meningkatkan fungsi eksekutif otak dan suasana hati. Penelitian menunjukkan bahwa satu sesi yoga bisa meningkatkan kecepatan dan akurasi memori kerja lebih dari latihan aerobik.

Hal ini menunjukkan bahwa yoga dapat memperbaiki fleksibilitas mental dan kemampuan untuk mengingat informasi, khususnya pada orang dewasa yang lebih tua.

7. Mencegah penyakit jantung

Yoga memiliki efek positif terhadap faktor risiko penyakit jantung, seperti BMI, kolesterol, dan tekanan darah. Penelitian juga menunjukkan, yoga bisa mengurangi perubahan pada pembuluh darah yang berkontribusi pada penyakit jantung.

Demikianlah ulasan terkait manfaat yoga untuk kesehatan Anda. Tertarik untuk rutin melakukan yoga?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News