Bugar

Ragam Manfaat Jinten untuk Kesehatan, Cegah Kanker dan Kontrol Kolesterol

Ragam Manfaat Jinten untuk Kesehatan, Cegah Kanker dan Kontrol Kolesterol

MOMSMONEY.ID - Cek manfaat jinten untuk kesehatan yang luar biasa berikut ini. Jarang diketahui, lo.

Jinten adalah sebuah bumbu yang tidak hanya memperkaya rasa masakan tetapi juga menyimpan beragam manfaat kesehatan. Biji jinten yang kecil ini dipenuhi dengan nutrisi yang dapat membantu dalam mencegah berbagai penyakit serius.

Apa saja manfaat jinten untuk kesehatan? Momsmoney telah merangkumkan ragam manfaat jinten untuk kesehatan sebagai berikut, bersumber dari laman WebMD:

1. Mencegah kanker

Kanker terjadi ketika sel-sel di dalam tubuh tumbuh tanpa kontrol. Penelitian telah menemukan bahwa jinten dapat menghambat pertumbuhan sel-sel tumor, termasuk tumor yang berkaitan dengan kanker hati, lambung, dan usus besar.

Namun, studi lebih lanjut masih diperlukan untuk memastikan efektivitas jinten dalam pencegahan kanker.

Baca Juga: Penderita Hipertensi Catat! Hindari 6 Sayuran Pantangan Darah Tinggi Ini

2. Mengontrol kolesterol

Studi-studi telah menunjukkan bahwa jinten dapat membantu mengatur kadar kolesterol. Dalam salah satu penelitian, bubuk jinten yang dicampur dalam yogurt terbukti dapat menurunkan kolesterol LDL dan trigliserida, serta meningkatkan kolesterol HDL.

3. Efek antibakteri

Penelitian menunjukkan bahwa jinten memiliki kemampuan untuk membunuh berbagai jenis bakteri yang dapat menyebabkan penyakit.

Studi di laboratorium menunjukkan bahwa jinten dapat menghambat pertumbuhan mikroorganisme termasuk E. coli, bakteri yang sering menyebabkan keracunan makanan. Sifat antibakteri jinten ini juga menjelaskan penggunaan tradisionalnya sebagai pengawet makanan.

Baca Juga: Mitos atau Fakta, Apakah Terong Menyebabkan Asam Urat

4. Manajemen diabetes

Jinten telah lama digunakan sebagai pengobatan tradisional untuk diabetes. Sebuah penelitian menemukan bahwa konsumsi jinten dapat menurunkan kadar urea darah, senyawa organik yang dapat mempengaruhi respons tubuh terhadap insulin.

Studi juga menunjukkan bahwa jinten dapat membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil, meskipun penelitian lebih lanjut masih diperlukan.

5. Mengatasi masalah pencernaan

Penelitian menunjukkan bahwa jinten dapat membantu mengatasi berbagai masalah pencernaan. Sebuah studi menemukan bahwa ekstrak jinten secara signifikan mengurangi gejala sindrom iritasi usus besar, seperti sakit perut, kembung, dan masalah buang air besar.

Jinten juga telah lama digunakan sebagai obat tradisional untuk diare dan beberapa penelitian mendukung penggunaan ini.

Baca Juga: Sedang Diet? Cobalah Pengganti Santan untuk Diet Berikut Ini

6. Mengontrol berat badan

Penelitian mengindikasikan, jinten dapat membantu dalam penurunan berat badan sebagai bagian dari diet sehat. Dalam satu studi, konsumsi bubuk jinten membantu partisipan menurunkan berat badan, lingkar pinggang, lemak tubuh, dan indeks massa tubuh.

Studi lain menunjukkan, suplemen jinten mungkin efektif dalam mengurangi berat badan dan BMI, sebanding dengan obat penurun berat badan yang umum digunakan.

Demikianlah ulasan terkait manfaat jinten untuk kesehatan yang luar biasa. Semoga bermanfaat, ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News