Bugar

Enak dan Mudah Dibuat, Ini 10 Jus Buah untuk Penderita Asam Lambung

Enak dan Mudah Dibuat, Ini 10 Jus Buah untuk Penderita Asam Lambung

MOMSMONEY.ID - Jus buah untuk penderita asam lambung yang direkomendasikan ada apa saja? Intip daftarnya di sini.

Penderita asam lambung sering kali mengalami kesulitan dalam memilih jenis makanan dan minuman yang tepat. Salah satu cara menyegarkan yang bisa dinikmati tanpa khawatir adalah jus buah.

Momsmoney akan memberikan sepuluh rekomendasi jus buah untuk penderita asam lambung yang mudah dibuat dan enak rasanya. Simak daftarnya berikut ini, ya.

1. Jus Semangka

Semangka adalah buah yang rendah asam dan kaya akan air, sangat ideal untuk penderita asam lambung. Untuk membuat jus semangka, cukup haluskan semangka tanpa biji di blender dan sajikan tanpa gula tambahan.

Baca Juga: 9 Buah Penurun Asam Urat Paling Cepat, Cek dan Konsumsi yuk

2. Jus Pisang

Pisang adalah buah yang sangat baik untuk sistem pencernaan karena kandungan seratnya yang tinggi dan sifatnya yang menenangkan bagi lambung. Campurkan pisang dengan sedikit madu dan air untuk membuat jus yang lembut dan menyegarkan.

3. Jus Apel

Apel, yang juga mengandung magnesium, sangat dianjurkan untuk penderita GERD karena dapat membantu menurunkan asam lambung. Buah ini kaya akan berbagai nutrisi seperti vitamin A, B-12, C, D, kalsium, dan zat besi.

Baca Juga: Bisa Bikin Kambuh, Ini 7 Buah yang Tidak Boleh Dimakan Penderita Asam Urat

4. Jus Melon

Melon adalah pilihan lain yang baik karena kandungan air yang tinggi dan tidak meningkatkan asam lambung. Faktanya, melon dapat membantu mengurangi asam lambung berlebih berkat kandungan magnesiumnya. Dengan pH hanya 6,1, melon termasuk buah yang ramah untuk lambung. Blender melon dan nikmati jusnya yang segar tanpa perlu penambahan gula.

5. Jus Pepaya

Melansir dari Dokter Sehat, pepaya membantu melawan sembelit dan gejala nyeri ulu hati yang sering dialami oleh penderita GERD, berkat enzim papain yang terkandung di dalamnya. Jus pepaya bisa dibuat dengan menghaluskan daging buahnya dan sedikit perasan jeruk nipis untuk menambah rasa segar.

Baca Juga: Intip Kandungan Nutrisi dan 11 Manfaat Serai untuk Kesehatan Anda

6. Jus Kurma

Dikenal sebagai buah yang ideal untuk berbuka puasa, kurma memiliki pH rendah yang tidak menyebabkan peningkatan asam lambung. Kurma juga memberikan energi serta manfaat kesehatan lain seperti meningkatkan stamina dan mencegah penyakit kronis.

7. Jus Beri

Buah beri seperti strawberry, blackberry, dan raspberry meskipun asam, aman dikonsumsi oleh penderita asam lambung karena tidak meningkatkan produksi asam lambung. Buah beri kaya akan antioksidan yang penting untuk menjaga kesehatan sel dan mencegah penyakit serius.

Baca Juga: Penderita Asam Urat Tidak Boleh Makan Apa? Ini 12 Daftar Pantangannya!

8. Jus Persik

Persik, dengan pH rendahnya, adalah alternatif yang baik bagi penderita asam lambung. Buah ini kaya akan magnesium dan nutrisi lain seperti vitamin A, B6, B12, C, kalsium, dan zat besi.

9. Jus Alpukat

Alpukat adalah pilihan yang sangat baik bagi penderita asam lambung karena mengandung lemak sehat yang tidak memicu peningkatan asam lambung. Buah ini ideal untuk mereka yang menyukai rasa dan tekstur alpukat yang khas.

Baca Juga: Mau Lemak Tubuh Rontok? Ayo Coba 5 Infused Water untuk Diet Berikut Ini

10. Air Kelapa

Kelapa adalah pilihan yang baik bagi penderita refluks asam lambung karena memiliki keasaman rendah. Konsumsi kelapa tidak hanya aman bagi lambung, tetapi juga mendukung kesehatan otak dan meminimalkan risiko penyakit kardiovaskular.

Anda bisa menjadikan air kelapa sebagai pengganti air saat membuat jus buah atau mengonsumsinya secara langsung tanpa tambahan apapun.

Itulah beberapa rekomendasi jus buah untuk penderita asam lambung. Jus-jus ini tidak hanya membantu memperbaiki asam lambung tapi juga memberikan kecukupan nutrisi yang diperlukan tubuh. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News